PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, RISIKO LITIGASI, FINANCIAL DISTRESS TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI

Authors

  • M Ricky Devarandi
  • . Zaitul
  • Resti Yulistia Muslim

Abstract

Konservatisme merupakan prinsip akuntansi yang jika diterapkan akan menghasilkan angka-angka laba dan aset yang cenderung rendah, serta angka-angka biaya dan utang cenderung tinggi (Juanda, 2007). Hal ini terjadi karena konservatisma menganut prinsip memperlambat pengakuan pendapatan serta mempercepat pengakuan biaya, sehingga laba yang dilaporkan cenderung terlalu rendah. (Watts, 2003 dalam Wardhani, 2008).
Teori pada penelitian ini menggunakan teori agency. Teori keagenan dalam perusahaan mengidentifikasikan adanya pihak-pihak dalam perusahaan yang memiliki berbagai kepentingan untuk mencapai tujuan dalam kegiatan perusahaan. Teori ini muncul karena adanya hubungan antara prinsipal dan agen. Teori agensi mengasumsikan bahwa semua individu bertindak atas kepentingan mereka sendiri. Pemegang saham sebagai prinsipal diasumsikan hanya tertarik kepada hasil keuangan yang bertambah atau investasi mereka di dalam perusahaan. Sedang para agen disumsikan menerima kepuasan berupa kompensasi keuangan dan syarat-syarat yang menyertai dalam hubungan tersebut. (Anthony dan Govindarajan, 2005)
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018. Yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018. Dengan jumlah sampel sebanyak 100 perusahaan.
Penelitian ini mengajukan tiga variabel. Hasil yang di peroleh membuktikan bahwa (1) Good corporate governance berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi. (2) risiko litigasi tidak berpengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi. (3) financial distress berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konservatisme akuntansi.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa good corporate governance berpengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi, litigation risk tidak berpengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi, financial distress berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konservatisme akuntansi.
Kata kunci : Good Corporate Governance, Risiko Litigasi, Financial Distress

Published

2020-02-25