PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN KOMPLEKSITAS OPERASI TEHADAP AUDIT DELAY

Authors

  • Syifa Anazira
  • Yeasy Darmayanti
  • Neva Novianti

Abstract

Ketepatan waktu publikasi informasi akuntansi dapat dipengaruhi oleh panjang dan pendeknya audit delay dalam perusahaan. Praptika dan Rasmini (2016) menyatakan bahwa audit delay merupakan rentang waktu antara tanggal penutupan tahun buku dan tanggal laporan audit. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 29/POJK.04/2016 mewajibkan setiap emiten dan perusahaan publik yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk menyampaikan laporan keuangan tahunan kepada OJK paling lambat pada akhir bulan ke empat setelah tahun buku berakhir.

Teori pada penelitian ini menggunakan sinyal dan teori kepatuhan. Teori sinyal menjelaskan suatu pihak (agent) menyampaikan informasi tentang dirinya sendiri kepada pihak lain (Connelly, 2012). Teori Kepatuhan menurut Lunenburg (2012) merupakan sebuah pendekatan terhadap struktur organisasi yang mengitegrasikan ide-ide dari model klasik dan partisipasi manajemen.

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2018. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling, dengan total sampel sebanyak 49 perusahaan. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 17.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa leverage tidak berpengaruh terhadap audit delay, profitabilitas tidak berpengaruh terhadap audit delay, kompleksitas operasi berpengaruh terhadap audit delay.

Kata Kunci : Leverage, Profitabilitas, Kompleksitas Operasi, Audit Delay.

Published

2020-02-25