PENGARUH PRICE EARNING RATIO, ARUS KAS, LABA AKUNTANSI, DAN PRICE TO BOOK VALUE TERHADAP RETURN SAHAM

Authors

  • M. Famil Erisyah Putra
  • . Yunilma
  • Popi Fauziati

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh price earning ratio, arus kas operasi, arus kas investasi, arus kas pendanaan, laba akuntansi dan price to book value. Return merupakan hasil yang diperoleh dari investasi atau tingkat keuntungan yang dinikmati oleh para pemodal atas suatu investasi yang dilakukannya (Hartono, 2015). Dari kasus PT Semen Indonesia (persero) Tbk (SMGR), berdasarkan pantauan Bloomberg, range perdagangan saham SMGR pada Rabu 12 Oktober 2016 berkisar antara 9.825 - 10.075. Return year to date SMGR turun 12,06 persen. Sedangkan return setahun turun 2,16 persen. (www.kompas.com).

Penelitian ini menggunakan teori signaling. Teori signaling adalah teori yang membahas tentang naik atau turunnya harga saham di pasar modal, sehingga berpengaruh terhadap keputusan investor. Tanggapan investor terhadap sinyal positif dan negatif sangat mempengaruhi kondisi pasar, mereka akan bereaksi dengan berbagai cara dalam menanggapi sinyal tersebut (Fahmi, 2012).

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang dapat digunakan sesuai kriteria hanya 52 perusahan dengan jumlah data observasi sebanyak 208. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Penelitan ini membuktikan bahwa price earning ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham, arus kas operasi tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham, arus kas investasi tidak berpengaruh terhadap return saham, arus kas pendanaan berpengaruh signifikan terhadap return saham, laba akuntansi berpengaruh signifikan terhadap return saham dan price to book value tidak berpengaruh terhadap return saham.

Kata Kunci : Price Earning Ratio, Arus Kas Operasi, Arus Kas Investasi, Arus Kas Pendanaan, Laba Akuntansi dan Price to Book Value.

Published

2020-02-25