PENGARUH INDEPENDENSI, PENGALAMAN AUDIT, FEE AUDIT, DUE PROFESIONAL CARE DAN AKUNTABILITAS TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Empiris Pada KAP di Padang dan Pekanbaru)

Authors

  • Renov Putra Mulya
  • . Herawati
  • Yeasy Darmayanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh independensi, pengalaman audit, fee audit, due professional care dan akuntabilitas terhadap kualitas audit pada KAP Padang dan Pekanbaru. Kualitas audit merupakan hal yang penting karena kualitas yang tinggi akan menghasilkan laporan keuangan yang dapat dipercaya sebagai dasar pengambilan keputusan (Atiqoh, 2016).

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori agensi.Jensen dan Meckling (1976) menggambarkan adanya hubungan kontrak antara agen (manajemen) dengan pemilik (principal).Agen diberi wewenang oleh pemilik untuk melakukan operasional perusahaan, sehingga agen lebih banyak mempunyai informasi dibandingkan pemilik.Ketimpangan informasi ini biasa disebut sebagai asymetri information. Baik pemilik maupun agen diasumsikan mempunyai rasionalisasi ekonomi dan semata-mata mementingkan kepentingannya sendiri. Agen mungkin akan takut mengungkapkan informasi yang tidak diharapkan oleh pemilik, sehingga terdapat kecenderungan untuk memanipulasi laporan keuangan tersebut. Berdasarkan asumsi tersebut, maka dibutuhkan pihak ketiga yang independen, dalam hal ini adalah akuntan publik.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor yang bekerja pada KAP di kota Padang sebanyak 4 KAP dan di kota Pekanbaru sebanyak 7 KAP, dengan menggunakan metode survey kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampel bertujuan (purposive sampling), dengan teknik berdasarkan pertimbangan (judgement sampling) dan diperoleh sampel penelitian 53 responden. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif.Untuk metode analisis data dengan menggunakan analisis regresi berganda.

Dalam penelitian ini mengajukan lima hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) Independensi berpengaruh terhadap kualitas audit. (2) Pengalaman Audit tidak berpengaruh terhadap kualitas audit . (3) Fee Audit berpengaruh terhadap kualitas audit. (4) Due Professional Care tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. (5) Akuntabilitas tidak berpengaruh terhadap kualitas audit.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa Independensi berpengaruh terhadap kualitas audit. Pengalaman Audit tidak berpengaruh terhadap kualitas audit . Fee Audit berpengaruh terhadap kualitas audit. Due Professional Care tidak berpengaruh terhadap kualitas audit. Akuntabilitas tidak berpengaruh terhadap kualitas audit.

Kata kunci: Kualitas Audit, Independensi, Pengalaman Audit , Fee Audit, Due Professional Care, Akuntabilitas

Published

2020-02-25