FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAUAN MEMBAYAR PAJAK WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI YANG MELAKUKAN PEKERJAAN BEBAS

Authors

  • Rahmi Erza Putri
  • Mukhlizul Hamdi
  • Daniati Puttri

Abstract

Pajak merupakan sumber keuangan negara yang paling utama yang digunakan untuk pembangunan negara dan kesejahteraan masyarakat umum. Begitu besarnya peran pajak dalam, sehingga pemerintah harus melakukan berbagai upaya agar meningkatnya kemauan membayar pajak para wajib pajak yang terdaftar. Kemauan membayar pajak dapat diartikan sebagai suatu nilai yang rela dikontribusikan oleh seseorang (yang ditetapkan dengan peraturan) yang digunakan untuk membiayai pengeluaran umum negara dengan tidak mendapat jasa timbal (kontraprestasi) secara langsung (Ratung & Adi, 2009).

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Theory of Planned Behavior (TPB). Teori ini menyatakan bahwa keputusan untuk menampilkan tingkah laku tertentu adalah proses rasional yang diarahkan pada suatu tujuan tertentu dan mengikuti urut-urutan berpikir. Pilihan tingkah laku dipertimbangkan, konsekuensi dan hasil dari setiap tingkah laku dievaluasi, dan dibuat sebuah keputusan apakah akan bertindak atau tidak (Ajzen, 1991).

Populasi dalam penelitian ini adalah WPOP yang melakukan pekerjaan bebas yang terdaftar di KPP Pratama Satu Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Convenience Sampling Desain. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 16.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa kesadaran membayar pajak berpengaruh signifikan terhadap kemauan membayar pajak, pengetahuan dan pemahaman tentang peraturan perpajakan berpengaruh signifikan terhadap kemauan membayar pajak, ketegasan sanksi perpajakan berpangaruh terhadap kemauan membayar pajak dan tingkat kepercayaan pada sistem pemerintah dan hukum tidak berpengaruh terhadap kemauan membayar pajak.

Kata kunci : Kesadar Membayar Pajak, Pengetahuan dan Pemahaman tentang Peraturan Perpajakan, Ketegasan Sanksi-Sanksi Perpajakan, Tingkat Kepercayaan pada Sistem Pemerintah dan Hukum, Kemauan Membayar Pajak.

Published

2020-02-25