PENGARUH LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN, DEBT COVENANT DAN MULTINATIONALITY TERHADAP TRANSFER PRICING

Authors

  • Mila Etika Sari
  • Dwi Fitri Puspa
  • Resti Yulistia Muslim

Abstract

Transfer pricing adalah kebijakan suatu perusahaan dalam menentukan harga transfer suatu transaksi antar pihak yang dipengaruhi hubungan istimewa (Kurniawan, 2015). Pada perusahaan multinasional banyak terjadi berbagai transaksi internasional. Transaksi bisnis tersebut biasanya terjadi di antara perusahaan yang berelasi atau antar perusahaan yang memiliki hubungan istimewa. Di dalam penjualan pihak berelasi tersebut terdapat hubungan istimewa yang mengakibatkan ketidak wajaran harga, biaya, atau imbalan lain yang direalisasikan dalam suatu transaksi usaha.

Teori pada penelitian ini menggunakan teori keagenan. Teori keagenan menjelaskan hubungan antara manajemen perusahaan (agen) dan pemegang saham (prinsipal). Hubungan keagenan (agency relationship) terdapat suatu kontrak satu orang atau lebih (prinsipal) yang memerintahkan orang lain (agen) untuk melakukan suatu jasa atas nama prinsipal dan memberi wewenang kepada agen untuk membuat keputusan yang terbaik bagi prinsipal.

Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Perusahaan Non Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2018. Total sampel penelitian sebanyak 51 perusahaan yang ditentukan menggunakan metode purpossive sampling. Pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik.

Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa (1) leverage tidak berpengaruh terhadap transfer pricing, (2) ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing, (3) debt covenant tidak berpengaruh terhadap transfer pricing, (4) multinationality berpengaruh negatif signifikan terhadap transfer pricing.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan leverage tidak berpengaruh terhadap transfer pricing, ukuran perusahaan berpengaruh terhadap transfer pricing, debt covenant tidak berpengaruh terhadap transfer pricing dan multinationality berpengaruh negatif signifikan terhadap transfer pricing.

Kata Kunci: Transfer Pricing, Leverage, Ukuran Perusahaan, Debt Covenant, Multinationality

Published

2020-02-25