PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DEBT DEFAULT, DISCLOSURE DAN OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN

Authors

  • Riki Rizaldi
  • Dwi Fitri Puspa
  • Dandes Rifa

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh pertumbuhan perusahaan, debt default, disclosure dan opini audit tahun sebelumnya terhadap opini audit going concern. Pemberian opini audit going concern bukanlah suatu perkara mudah sehingga sering terjadi kesalahan opini (audit failures) oleh auditor. Penyebabnya antara lain ialah auditor harus bergesekan dengan aspek moral dan etika untuk memprediksi kelangsungan hidup perusahaan. Timbulnya masalah yang lebih besar akibat dari adanya kesalahan pemberian opini akan menjadi tanggungjawab auditor sebagai pihak yang memberikan pendapat atas kewajaran kondisi perusahaan.

Teori pada penelitian ini menggunakan teori agensi. Menurut Jensen dan Meckling (1976) menjelaskan adanya agency cost yang timbul karena adanya konflik antara pemilik dengan agen. Konflik yang terjadi tentu dapat merugikan perusahaan dan akan menurunkan nilai perusahaan yang mengakibatkan turunnya nilai saham perusahaan yang pada akhirnya akan mempengaruhi minat investor untuk menanamkan modalnya pada perusahaan. Untuk mengatasi konflik tersebut, maka dibutuhkan pihak ketiga sebagai pihak yang independen yang berfungsi sebagai penengah atau mediator antara agen dan pemilik.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam menentukan jumlah sampel yang digunakan dimana terdapat 72 perusahaan yang memenuhi kriteria dari penelitian ini. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi logistik.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif terhadap opini audit going concern, debt default berpengaruh positif terhadap opini audit going concern, disclosure tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern, dan opini audit tahun sebelumnya berpengaruh positif terhadap opini audit going concern.

Kata kunci: Pertumbuhan Perusahaan, Debt Default, Disclosure, Opini Audit Tahun Sebelumnya, dan Opini Audit Going Concern

Published

2020-02-25