PENGARUH KINERJA LINGKUNGAN, KINERJA PERUSAHAAN DAN KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY

Authors

  • Puja Betslen
  • Dandes Rifa
  • . Herawati

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh kinerja lingkungan, kinerja perusahaan dan karakteristik perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility. Keberadaan tambang emas terbesar didunia berada di Papua yakni PT Freeport Indonesia. Perusahaan ini tidak memberikan keuntungan kepada masyarakat sekitar. Sebaliknya rakyat Papua menanggung akibat dari kerusakan alam serta punahnya habitat dan vegetasi. Selain itu biaya Corporate Social Responsibility yang dikeluarkan oleh PT Freeport sangat sedikit yakni tidak mencapai 1 persen keuntungan bersih PT Freeport Indonesia.

Teori legitimasi dan stakehorder digunakan sebagai dasar dalam penelitian ini. Menurut Reverte (2009) teori legitimasi menggambarkan kontrak sosial antara perusahaan dengan masyarakat demi kelangsungan hidup perusahaan. Teori ini menyatakan bahwa organisasi secara terus menerus mencoba untuk meyakinkan bahwa kegiatannya sesuai dengan batasan dan norma norma masyarakat disekitar organisasi tersebut berada. Menurut Freeman (1984) teori stakeholder menjelaskan bahwa stakeholder merupakan kelompok atau individu yang dapat mempengaruhi atau sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan perusahaan. Teori stakeholder adalah sebuah konsep manajemen strategis, tujuannya adalah untuk membantu korporasi memperkuat hubungan dengan kelompok kelompok eksternal dan mengembangkan keunggulan kompettitif.

Sebanyak 41 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2018 dijadikan sebagai target populasi. Sebanyak 28 perusahaan terpilih sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis Regresi Linear Berganda digunakan untuk pengujian hipotesis.

Peneliti merumuskan empat hipotesis. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa kinerja lingkungan dan Umur Perusahaan berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility. Kinerja perusahaan dan Size perusahaan tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility.

Kata Kunci : Kinerja Lingkungan, Kinerja Perusahaan, Karakteristik Perusahaan, Corporate Social Responsibility

Published

2020-02-25