PENGARUH SIKAP, NORMA SUBYEKTIF, RETALIASI,PERSONAL COST TERHADAP NIAT UNTUK MELAKUKAN TINDAKAN WHISTLEBLOWING

Authors

  • Aldo Saputra
  • Resti Yulistia Muslim
  • . Herawati

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh sikap, norma subyektif, retaliasi,personal cost terhadap niat untuk melakukan tindakan whistleblowing. Fenomena Direktorat Jenderal Pajak merupakan unit organisasi terbesar di Kementerian Keuangan dengan jumlah 31.000 pegawai. Direktorat Jenderal Pajak bertanggung jawab terhadap penerimaan negara dari sektor perpajakan. Kasus korupsi yang menimpa pegawai akan menurunkan kepercayaan masyarakat dan memberikan citra negatif terhadap organisasi. Berdasarkan Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-22/PJ/2011 tanggal 19 Agustus 2011 tentang Kewajiban Melaporkan Pelanggaran (Whistleblowing) di Lingkungan Direktorat Jenderal Pajak, menjadi institusi tingkat I yang pertama bisa merealisasikan dan secara konkret mewujudkan whistleblowing system menjadi suatu peraturan (Direktorat jenderal pajak 2012).

Teori penelitian ini adalah. Prosocial Organizational Behavior teori perilaku prososial merupakan perilaku anggota dalam organisasi untuk ditujukan kepada individu, kelompok atau organisasi tempat mereka berinteraksi dan mematuhi peraturan organisasi Theory Theory Of Planned Behavior Dimana teori digunakan dalam penelitian ini bahwa perilaku yang dilakukan oleh individu timbul karena adanya niat untuk berperilaku (Ajzen 1991). Theory of Reasoned Action mengasumsikan perilaku ditentukan oleh keinginan individu untuk melakukan atau tidak melakukan suatu perilaku tertentu atau sebaliknya (Suryono dan Chariri (2016).

Populasi penelitian ini adalah Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di kantor Direktorat Jenderal Pajak Provisi Sumatera Barat. Metode dalam pengambilan sampel ini adalah sampling jenuh yang mana mengambil semua anggota populasi untuk dijadikan sampel.

Peneliian ini membuktikan bahwa retaliasi tidak berpengaruh signifikan terhadap niat untuk melakukan tindakan whistleblowing, sikap berpengaruh signifikan terhadap tindakan whistleblowing, norma subyektif berpengaruh signifikan terhadap tindakan whistleblowing, personal cost, berpengaruh signifikan terhadap niat untuk melakukan whistleblowing.

Kata Kunci: Whistleblowing, Sikap, Norma Subyektif, Retaliasi, Personal Cost

Published

2020-02-25