PENGARUH TANGIBILITY, LIKUIDITAS, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, RISIKO BISNIS TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)

Authors

  • Ari Saputra
  • . Meihendri
  • Dandes Rifa

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh tangibility, likuiditas, pertumbuhan perusahaan, risiko bisnis terhadap struktur modal pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015- 2018 (www.idx.co.id).
Senin, 07 Agustus 2017 PT Asia Paper Mills (APM) harus memperbaiki struktur modal karena dinyatakan pailit pada tanggal 24 Juli 2017 oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat Kepailitan ini diajukan oleh salah satu krediturnya, yaitu Bank Mandiri, yang mana saat itu telah dilakukan pemungutan suara (voting)e atas proposal perdamaian. Hasilnya, satu dari 32 kreditur konkuren yang hadir menolak proposal perdamaian. Sementara, satu-satunya kreditur separatis Bank Mandiri menolak proposal perdamaian karena PT Asia Paper Mills (APM) tidak mampu membayar hutang per 31 Juli 2016 yang mencapai Rp. 426,43 miliar (nasional.kontan.co.id)

Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Pecking Order Theory dan trade off. Teori Pecking Order Theory menyatakan bahwa menyatakan bahwa perusahaan dengan tingkat profitabilitas yang tinggi justru tingkat hutangnya rendah, dikarenakan perusahaan yang profitabilitasnya tinggi memiliki sumber dana internal yang berlimpah.Teori trade off teori menyatakan bahwa rasio hutang yan optimal ditentukan berdasarkan pada perbandingan antara manfaat dan biaya yang timbul akibat penggunaan hutang.

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sampel yang digunakan sesuai dengan kriteria hanya 58 perusahaan. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa tangibility tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, likuiditas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, pertumbuhan perusahaan tidak signifikan terhadap struktur modal, risiko bisnis berpengaruh signifikan terhadap struktur modal

Kata Kunci: struktur modal, tangibility, likuiditas, pertumbuhan perusahaan, risiko bisnis.

Published

2020-02-25