PENGARUH ENTERPRISE RISK MANAGEMENT TERHADAP NILAI PERUSAHAAN: DIVERSITAS DEWAN DIREKSI DAN KUALITAS AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Authors

  • Firanda Rahmat
  • . Zaitul
  • . Herawati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh enterprise risk management terhadap nilai perusahaan dengan diversitas dewan direksi dan kualitas audit sebagai variabel moderasi. Nilai perusahaan merupakan salah satu faktor fundamental yang dipertimbangkan oleh sebagian besar investor, karena pentingnya dalam menentukan kelangsungan hidup perusahaan.

Teori yang dipakai dalam penelitian adalah teori keagenan (Agency Theory). Agency theory adalah menjelaskan hubungan kedua belah pihak antara prinsipal dan pihak ketiga agen. Prinsipal adalah pemilik perusahaan atau investor, sedangkan agennya adalah manajemen yang mengelola perusahaan atas nama pemilik.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling di mana terdapat 61 perusahaan yang memenuhi kriteria dari penelitian ini. Pengujian hipotesis menggunakan Moderated Regression Analysis.

Penelitian ini mengajukan lima hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) Enterprise risk management tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan., (2) etnis dewan direksi tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (3) kualitas audit berpengaruh terhadap nilai perusahaan (4) enterprise risk management tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan etnis dewan direksi sebagai variabel moderasi, dan (5) enterprise risk management berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan kualitas audit sebagai variabel moderasi.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa enterprise risk management, etnis dewan direksi, dan etnis dewan direksi memoderasi hubungan enterprise risk management dan nilai perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan kualitas audit dan kualitas audit memoderasi antara enterprise risk management dan nilai perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci: Nilai Perusahaan, Enterprise Risk Management, Diversitas Dewan Direksi, Kualitas Audit

Published

2020-02-25