PERANAN INTELLECTUAL CAPITAL SEBAGAI MEDIASI HUBUNGAN ANTARA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN KINERJA PERUSAHAAN PERBANKAN

Authors

  • Wina Septriani
  • Fivi Anggraini
  • Daniati Puttri

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang peranan intellectual capital sebagai mediasi hubungan antara corporate social responsibility dan kinerja perusahaan perbankan. Fenomena kinerja perusahaan perbankan sangat amat menarik untuk diamati yaitu naik turunnya pertumbuhan kredit net interest margin (NIM) sehingga juga juga mempengaruhi penilaian investor pada perusahaan.

Beda penelitian ini yaitu belum ada yang meneliti secara tidak langsung hubungan anataracorporate social responsibility, Intellectual capital dengan kinerja perusahaan dan dengan menggunakan perusahaan perbankan sebagai sampelnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi investor sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan investasi dan memberikan pengetahuan empiris tentang pengaruh Intellectual Capital sebagai mediasi hubungan antara Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Perusahaan perbankan.

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Diperoleh 20 sampel dengan pengujian hipotesis menggunakan Analisis Inner Model.

Dalam penelitian ini mengajuan empat hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, corporate social responsibility berpengaruh signifikan terhadap intellectual capital, intellectual capital berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, corporate social responsibility dimediasi oleh intellectual capital terhadap kinerja perusahaan perbankan terbukti berpengaruh signifikan.

Kata Kunci : CSR, intellectual capital, dan kinerja perusahaan.

Published

2020-02-25