PENGARUH TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP KEPUTUSAN MELAKUKAN TRANSFER PRICING

Authors

  • Asmalita Asmalita
  • . Meihendri
  • . Herawati

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh tunneling incentive, mekanisme bonus,
ukuran perusahaan, dan kepemilikan asing terhadap keputusan melakukan transfer
pricing. kasus penyalahgunaan strategi transfer pricing mulai mengalami peningkatan
dari tahun 2017 . Sepanjang tahun tersebut terjadi 89 kasus mutual agreement
procedure (MAP) dimana terjadi peningkatan sengketa transfer pricing baru setiap
tahunnya. Salah satu kasus yang sudah di ungkapkan tahun 2019 lalu berkaitan
dengan PT Adaro Energy Tbk, dari laporan Global Witness berjudul Taxing Times for
Adaro mengungkapkan perusahaan ini melakukan penggelapan pajak lewat anak
usahanya Coaltrade Services International di Singapura (www.merdeka.com)

Teori yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teori Sinyal (Signaling Theory)
yang merupakan perilaku manajemen perusahaan dalam memberikan petunjuk kepada
investor terkait pandangan manajemen terhadap prospek perusahaan di masa yang
akan datang (Brigham dan Houston, 2014). Teori ini berupa informasi tentang
apa-apa saja yang sudah dilakukan oleh manajer untuk merealisasikan keinginan
pemiliknya.

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia dari tahun 2014-2018. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan
menggunakan metode purposive sampling. Dengan beberapa kriteria yang telah
dilakukan di hasilkan 40 perusahaan yang menjadi sampel. Dan pengujian hipotesis
dalam penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.

Dalam penelitian ini mengajukan empat hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan
bahwa variabel Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, dan Ukuran Perusahaan tidak
berpengaruh terhadap keputusan melakukan transfer pricing. Sedangkan Kepemilikan
Asing berpengaruh signifikan terhadap keputusan melakukan transfer pricing.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa Tunneling Incentive, Mekanisme
Bonus, dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap keputusan melakukan
transfer pricing. Sedangkan Kepemilikan Asing berpengaruh signifikan terhadap
keputusan melakukan transfer pricing.

Kata kunci: tunneling incentive, mekanisme bonus, ukuran perusahaan,
kepemilikan asing, transfer pricing

Published

2020-02-25