PENGARUH OPINI AUDIT, UKURAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP AUDIT REPORT LAG

Authors

  • Fera Nofika Yenti
  • . Herawati
  • . Ethika

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh opini audit, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap audit report lag. Berdasarkan pemantauan manajemen BEI, terdapat 14 perusahaan tercatat yang belum menyampaikan laporan keuangan auditan per 31 Desember 2017. Selain itu belum menyampaikan denda atas keterlambatan penyampaian laporan keuangan.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah signalling theory. Dimana signalling theory adalah teori yang menyebut suatu pihak (agent) menyampaikan informasi tentang dirinya sendiri kepada pihak lain (principal) (Connelly, 2012).

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar dibursa efek indonesia pada tahun 2014-2018. Metode dalam pengambilan sampel ini adalah purposive sampling yang diperoleh sebanyak 36 sampel. Dimana data ini berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar dibursa efek indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis.

Dalam penelitian ini mengajukan tiga hipotesis. Hasil yang di peroleh membuktikan bahwa (1) opini audit tidak berpengaruh signifikan terhadap audit report lag, (2) ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap audit repor lag, (3) profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap audit report lag.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa opini audit, profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap audit report lag, karena opini audit dan profitabilitas tidak akan mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap audit report lag, karena ukuran perusahaan mampu mempengaruhi ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan.

Kata Kunci: opini audit, ukuran perusahaan, profitabilitas, audit report lag

Published

2020-02-25