PENGARUH UMUR PERUSAHAAN, UKURAN PERUSAHAAN, REPUTASI AUDITOR, DAN PERGANTIAN AUDITOR TERHADAP AUDIT REPORT LAG

Authors

  • Muhammad Leon Muswara
  • . Herawati
  • Yeasy Darmayanti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh umur perusahaan, ukuran perusahaan, reputasi auditor, dan pergantian auditor terhadap audit report lag. Ketepatan waktu dalam menyampaikan laporan keuangan dilihat dari tanggal tutup buku laporan keuangan perusahaan sampai tanggal laporan auditor independen. Perbedaan waktu antara tanggal tutup buku laporan keuangan perusahaan dengan tanggal laporan auditor independen menggambarkan lamanya waktu penyelesaian proses audit laporan keuangan yang dilakukan oleh auditor independen. Rentang waktu antara tanggal tutup buku sampai pada tanggal pelaporan auditor independen sering disebut dengan audit report lag(Terry, 2017)

Teori pada penelitian ini menggunakan teori Pensinyalan (Signalling Theory) dan Teori Keagenaan ( Agency Theory). Teori pensinyalan (signalling theory) merupakan teori yang digunakan untuk memahami suatu tindakan oleh pihak manajemen dalam menyampaikan informasi kepada investor yang pada akhirnya dapat mengubah keputusan investor dalam melihat kondisi perusahaan(Suganda, 2018:15). Sedangkan teori keagenan ( Agency Theory) yang menggambarkan hubungan keagenan sebagai suatu kontrak antara satu orang atau lebih (prinsipal) yang melibatkan orang lain (agen) untuk memberikan suatu jasa kemudian mendelegasikan wewenang pengambilan keputusan kepada agen tersebut. Prinsipal merupakan pihak yang memiliki saham pada suatu perusahaan atau pemilik perusahaan. Agen merupakan pihak yang diberi wewenang oleh prinsipal untuk mengelola aset perusahaan (Jensen et al., 1976).

Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari 2014-2018. Sampel dipilih berdasarkan metode purposive sampling dan akhirnya diperoleh 62 perusahaan. Dengan demikian jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 62 perusahaan dengan 5 tahun periode sehingga jumlah observasi sebanyak 310 data. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.

Dalam penelitian ini mengajukan empat hipotesis. Hasil yang di peroleh membuktikan bahwa (1). Umur perusahaan berpengaruh signifikan terhadap audit report lag. (2) Ukuran perusahan berpengaruh signifikan terhadap audit report lag. (3) Reputasi auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap audit report lag. (4) Pergantian auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap audit report lag.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa umur perusahaan berpengaruh signifikan terhadap audit report lag, ukuran perusahan berpengaruh signifikan terhadap audit report lag, reputasi auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap audit report lag, pergantian auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap audit report lag.

Kata kunci: Audit Report Lag, Umur Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Reputasi Auditor, Pergantian Auditor

Published

2020-02-25