PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL,TANGGUNGJAWAB SOSIAL DAN CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN

Authors

  • Mardola Febriningsi
  • Fivi Anggraini
  • . Herawati

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh intellectual capital, tanggungjawab social,corporate governance terhadap kinerja perusahaan. Fenomena kinerja perusahaan sangat amat menarik untuk diamati yaitu naik turunnya harga saham pada berbagai perusahaan pertambangan, ini dikarenakan penilaian investor pada perusahaan.

Beda penelitian ini yaitu belum ada penelitian komprehensif yang menggabungkan intellectual capital, tanggungjawab social dan corporate governance terhadap kinerja perusaaan dan dengan menggunakan perusahaan pertambangan sebagai sampelnya.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar dibursa efek indonesia pada tahun 2014-2018 dan diperoleh sebanyak 13 sampel. Dimana data ini berupa laporan keuangan perusahaan pertambangan yang terdaftar dibursa efek indonesia.Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis.

Dalam penelitian ini mengajukan tiga hipotesis. Hasil yang di peroleh membuktikan bahwa H1 intellectual capital tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, H2 tanggungjawab sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, H3 corporate governance berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa intellectual capital dan tanggungjawab sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan, ini disebabkan karna jika suatu perusahaan tersebut tidak memaksimalkan aktifitas-aktifitas perusahaannya maka hal tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja perusahaan tersebut, Sedangkan corporate governance berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan, karena perusahaan tidak cendrung mempercayai adanya corporate governance.

Kata Kunci: intellectual capital, tanggungjawab sosial, corporate governance, kinerja perusahaan

Published

2020-02-25