PENGARUH PENDAPATAN DAERAH YANG SAH, PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO, ILUSI FISKAL, FLYPAPER EFFECT TERHADAP BELANJA DAERAH

Authors

  • Sadri Meyani Prama Putra
  • Dwi Fitri Puspa
  • . Yunilma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendapatan daerah yang sah, produk domestik regional bruto, ilusi fiskal dan flypaper effect terhadap belanja daerah di Kabupaten/ Kota di Sumatera Barat. Yang terjadi pada pemerintah daerah kabupaten dan kota di provinsi Sumatera Barat yaitu dalam mengelolah keuangan yang masih banyak realisasi belanja daerah yang belum mencapai target belanja daerah yang telah disepakati.

Teori pada penelitian ini menggunakan teori agensi. Dalam teori agensi terdapat dua pihak yang melakukan kesepakatan atau kontrak, yakni pihak yang memberikan kewenangan yang disebut principal dan pihak yang menerima kewenangan yang disebut agent (Jensen dan Meckling; 1976; 309). Dalam agency theory yang menjadi prisipal disini adalah pemerintah pusat sedangkan yang menjadi agen adalah pemerintah daerah. Pemerintah pusat memberikan wewenang kepada pemerintah daerah untuk mengatur dan menyusun anggaran belanja daerahnya sendiri.

Populasi yang diambil dalam penelitian secara keseluruhan kabupaten/kota di Sumatera Barat yang tediri dari 12 Kabupaten dan 7 Kota. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui data sekunder dengan jenis data time series dan cross section. Dalam penelitian ini, data sekunder dikumpulkan dengan cara melakukan motode dokumentasi.

Dalam penelitian ini mengajukan empat hipotesis. Hasil regresi menunjukkan bahwa (1) pendapatan daerah yang sah berpengaruh positif signifikan terhadap belanja daerah, (2) Produk Domestik Regional Bruto berpengaruh negatif signifikan terhadap belanja daerah, (3) ilusi fiskal tidak berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah dan (4) flypaper effect tidak berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah.

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa Pendapatan Daerah Yang Sah berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah. Produk Domestik Regional Bruto berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah. Ilusi fiskal tidak berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah. Flypaper Effect tidak berpengaruh signifikan terhadap belanja daerah.

Kata Kunci : pendapatan daerah yang sah, produk domestik regional bruto, ilusi fiskal, flypaper effect, belanja daerah

Published

2020-02-25