PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Authors

  • Yolanda Savani
  • . Meihendri
  • Arie Frinola Minovia

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Fenomena nilai perusahaan dapat dilihat dari fluktuasi harga saham. Buruknya kondisi perekonomian global serta lemahnya fondasi ekonomi dalam negeri menyebabkan seluruh saham mengalami penurunan harga dan tidak ada saham yang pergerakannya stabil. Kondisi lebih buruk bagi sektor manufaktur karena produk yang dihasilkan tidak mampu bersaing dengan industri manufaktur asal China yang punya skala ekonomis cukup besar. Hal tersebut menyebabkan perusahaan-perusahaan manufaktur ikut tertekan (Galih Gumelar, 2018).

Teori penelitian ini adalah teori agensi, dimana teori ini menyatakan bahwa Hubungan antara pemegang saham (prinsipal) dan manajer (agen) dari suatu perusahaan sesuai dengan definisi dari hubungan keagenan (Jensen dan Meckling, 1976). Hubungan keagenan dapat mempengaruhi nilai perusahaan, perbedaankepentingan antara pemegang saham dan manajemen dapat berdampak buruk terhadap nilai perusahaan karena manajemen hanya mementingkan keuntungan tanpa mengoptimalkan keuntungan pemegang saham.

Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014-2018. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan metode purposive sampling, sampel yang digunakan sesuai dengan kriteria hanya 58 perusahaan. Pengujian hipotesis menggunakan Analisis regresi linear berganda.

Dalam penelitian ini mengajukan 2 hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) Ukuran perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (2) Profitablitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, dan profitablitas mempengaruhi nilai perusahaan .

Kata kunci: Nilai perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas

Published

2020-02-25