ANALISIS TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN BUMN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SEBELUM DAN SESUDAH BERLAKUNYA UNDANG-UNDANG PERPAJAKAN TAHUN 2008

Authors

  • Irina Yanuarisma Yuvinasari
  • Herawati Herawati
  • Dandes Rifa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat profitabilitas perusahaan BUMN antara sebelum dan sesudah berlakunya Undang-Undang Perpajakan Tahun 2008. Variabel yang digunakan untuk mengukur tingkat profitabilitas ini adalah rasio profitabilitas yang diproksikan dengan Net Profit Margin, Return On Asset dan Return On Equity. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu sebanyak 15 perusahaan BUMN dengan periode pengamatan dua tahun sebelum dan dua tahun sesudah dari tahun 2007-2010 dan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah T-test sample berpasangan.

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat profitabilitas perusahaan BUMN untuk periode sebelum dan sesudah berlakunya Undang-Undang Perpajakan Tahun 2008 berdasarkan Net Profit Margin, Return On Asset dan Return On Equity.

Kata kunciNet Profit Margin, Return On Asset, Return On Equity, Profitabilitas, Undang-Undang Perpajakan Tahun 2008

Published

2013-09-12