PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PONSEL ANDROID MEREK OPPO DI KOTA PADANG.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang pengaruh efektivitas iklan terhadap keputusan pembelian konsumen pada ponsel android merek Oppo di Kota Padang. Berkaitandengan perubahan masyarakat dalam penggunaan ponsel berbasis android terhadap pemanfaatanponsel tidak hanya sebatas sms atau telephone, akan tetapi lebih dari itu dimana berbagai merek ponsel android yang beredar di Indonesia, khususnya di kota Padang. Android Oppo merupakan produk yang banyak diminati masyarakat. Permasalahannya adalah terjadinya penurunanpenjualan selama tahun 2019.Teori pada penelitian ini menggunakan teori keputusan pembelian dan efektivitas iklan.Keputusan pembelian adalah keputusan pembelian terhadap sebuah merek produk yang telahdiamati dari sebuah iklan, dalam melaksanakan maksud pembelian, konsumen bisa mengambillima sub keputusan, yaitu kebutuhan, proses pencarian informasi, pemilihan alternatif,pengambilan kepuasan dan evaluasi terhadap nilai manfaat yang diterima setelah mengkonsumsiatau menggunakan produk (Kotler dan Keler, 2009). Sedangkan teori efektivitas iklan
menunjukkan sejauhmana informasi yang terhadap didalam sebuah iklan dapat mempengaruhi calon konsumen yang mengamati iklan agar bersedia membeli merek produk yang dipromosikan lewat media iklan efektivitas iklan diukur dengan menggunakan epic model yang terdiri dari emphaty, persuation, impact dan communication (Durianto et al,2009).
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen yang mengamati iklan android Oppo melalui media televisi di Kota Padang, dengan menggunakan metode survei kuisioner. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang, namun hanya 96 orang kuesioner yang dapat diolah.
Dalam penelitian ini mengajukan empat hipotesis. Hasil yang diperoleh membuktikan bahwa (1) empathy berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada android merek Oppo di kota Padang, (2) persuation berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada android merek Oppo di kota Padang, (3) impact tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada android merek Oppo di kota Padang, (4) communication tidak
berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada android merek Oppo di kota Padang.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa empathy dan persuation berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada android merek Oppo, sedangkan impact dan communication tidak berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada android merek Oppo.
Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Efektivitas iklan, Empathy, Persuation,
Impact, Communication.
Downloads
Published
2020-02-27