Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Pelanggan Cafe Kiosk Di Kota Padang

Authors

  • Fahmi Fahreza
  • Linda Wati
  • Purbo Jadmiko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhi kualitas produk, harga, dan
kualitas pelayanan terhadap minat beli pada cafe kiosk di kota padang.
Perkembangan bisnis cafe di kota padang saat ini semakin pesat. Dengan semakin
meningkatnya persaingan yang ada, cafe kiosk terus melakukan pembenahan
sarana prasarana, bahan baku, dan sumber daya manusia. Hal ini dilakukan untuk
meningkatkan minat beli konsumen, dengan terciptanya minat beli konsumen
diharapkan cafe kiosk dapat bersaing serta unggul dibanding kompetitornya.

Teori pada penelitian ini menggunakan teori minat beli yaitu menurut Kotler dan
Keller (dalam Suradi et al., 2012), arti minat beli konsumen adalah sebuah
perilaku konsumen dimana konsumen mempunyai keinginan dalam membeli atau
memilih suatu produk, berdasarkan pengalaman dalam memilih, menggunakan
dan mengkonsumsi atau bahkan menginginkan suatu produk.

Sampel dari penelitian ini adalah cafe kiosk di kota padang, sebanyak 80
responden yang mengujugi cafe kiosk. Jenis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisoner ke pada
responden – responden di cafe kiosk di kota padang. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskripstif, uji asumsi klasik,
regresi linear berganda, dan pengujian hipotesis.
Penelitian ini mengajukan tiga hipotesis. Hasil pengujian hipotesis ditemukan
bahwa : kualitas produk berpengaruh positif terhadap minat beli pelanggan, harga
berpengaruh positif terhadap minat beli pelanggan, kualitas pelayanan
berpengaruh positif terhadap minat beli pelanggan
Dari hasil penelitian dapat di sampaikan adalah kepada pihak cafe kiosk agar terus
berupaya meningkatkan memperhatikan kualitas produk, harga dan kualitas
pelayanan. Artinya dengan adanya kualita produk yang baik, harga yang
terjangkau dan kualitas pelayanan yang baik tentunya akan menciptakan atau
menumbuhkan minat beli konsumen yang tinggi terhadap cafe kiosk.
 
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat
Beli Pada Cafe Kiosk di Kota Padang
 


Published

2020-02-27