PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA HOT WATER BOOM SAPAN MALULUANG SOLOK SELATAN

Authors

  • Heru Bagus Tri Putra
  • Dahliana Kamaner
  • Yulihar Mukhtar

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang cukup potensial untuk
dikembangkan menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD). Industri pariwisata
telah terbukti sebagai sebuah alternatif kegiatan ekonomi yang dapat diandalkan
sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan
dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, lokasi dan
fasilitas terhadap kepuasan pengunjung Objek Wisata Hot Water Boom Sapan
Maluluang.
Teori dalam penelitian ini adalah tentang kepuasan pengunjung, kualitas
pelayanan, lokasi dan fasilitas. Kepuasan pelanggan merupakan tanggapan
emosional pada evaluasi terhadap pengalaman konsumsi suatu produk atau jasa
(Tjiptono & Chandra, 2012). Kualitas pelayanan mencerminkan perbandingan
antara tingkat layanan yang disampaikan perusahaan dibandingkan ekspektasi
pelanggan (Tjiptono & Chandra, 2012). Lokasi adalah tempat perusahaan
beroperasi atau tempat perusahaan melakukan kegiatan untuk menghasilkan
barang dan jasa yang mementingkan segi ekonominya (Tjiptono & Chandra,
2012). Fasilitas adalah sarana untuk melancarkan dan memudahkan pelaksanaan
fungsi (Lupiyoadi, 2006).
Populasi dalam penelitian ini adalah semua wisatawan yang berkunjung di
kawasan Objek wisata Hot Water Boom Sapan Maluluang. Jumlah  sampel yang
digunakan sebanyak 80 orang. Teknik  penarikan sampel yang digunakan  adalah
Non Probability Sampling. Uji hipotesis dengan menggunakan uji T-statistik
dengan metode Structural Model Assessment (SMA) untuk membuktikan
pengaruh variabel laten terhadap variabel laten lainnya.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pengunjung pada Objek Wisata Hot Water Boom
sapan Maluluang. Lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung
pada Objek Wisata Hot Water Boom Sapan Maluluang. Dan fasilitas tidak
berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung pada Objek Wisata Hot Water Boom
Sapan Maluluang.
Disarankan kepada pihak Objek Wisata Hot Water Boom Sapan Maluluang untuk
meningkatkan lagi pelayanan mereka agar pengunjung merasakan kepuasaan.
Berikan kualitas pelayanan yang ramah, ketepatan waktu penyampaian, serta
menggunakan sistem yang mudah dipahami para pengunjung. Sehingga para
pengunjung tidak merasakan kesulitan dengan pelayanan yang diberikan.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Lokasi, Fasilitas dan Kepuasan
Pengunjung.

Published

2020-02-27