PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN ASOSIASI MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PASTA GIGI MEREK PEPSODENT DI KOTA PADANG

Authors

  • Mila Mayang Sari
  • Surya Dharma
  • Lindawati Lindawati

Abstract

Pasta gigi merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari atau convinience goods yang digunakan setiap individu di segala segmen dan demografi, sehingga produksi dari produk pasta gigi sangat tinggi dan selalu meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk. Pepsodent adalah pasta gigi yang paling terkenal dan tertua di Indonesia dan hingga saat ini seringkali mendapatkan berbagai penghargaan mengenai produk maupun mengenai pemasarannya.

Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan menngunakan produk pasta gigi merek Pepsodent, berusia diatas 18 tahun, minimal membeli pasta gigi merek Pepsodent sebanyak 2 kali dan berdomisili di Kota Padang berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji T-test statistik untuk membuktikan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial atau individu.

            Hasil penelitian ini menemukan bahwa citra perusahaan tidak berpengaruh negatif terhadap loyalitas konsumen pada pasta gigi merek pepsodent di kota padang. Sedangkan asosiasi merek tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen pada pasta gigi merek pepsodent di kota padang.

 

Kata Kunci : Citra Perusahaan, Asosiasi Merek, Loyalitas Konsumen

 

 

Published

2013-09-12