PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, CITRA PERUSAHAAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN MENGGUNAKAN JASA RUMAH SAKIT SEMEN PADANG

Authors

  • Wahyudi Aris
  • Irda Irda
  • Linda Wati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kualitas pelayanan, citra perusahaan  dan kepercayaan terhadap kepuasan pasien menggunakan jasa Rumah Sakit Semen Padang. Terjadinya pemutusan kontrak BPJS untuk pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Semen Padang diduga akan mempengaruhi kepuasan pasien dalam menggunakan jasa rumah sakit tersebut, menyadari kondisi tersebut pihak pengelola rumah sakit berusaha meningkatkan kualitas pelayanan, citra perusahaan dan kepercayaan pasien.  Penelitian ini juga didukung oleh teori yang di adaptasi dari Supranto (2011) menyatakan kepuasan sebagai kesesuaian antara tingkat kepentingan atau harapan dengan kinerja atau kenuyataan yang dirasakan pelanggan setelah menggunakan jasa. Tjiptono (2010) “Kepercayaan merupakan perasaan suka dan ingin menggunakan kembali merek produk yang
telah digunakan atau dikonsumsi karena terwujudnya segala harapan yang diharapkan konsumen. Sumarwan (2010) citra perusahaan menunjukan nama baik atau reputasi dari sebuah perusahaan didalam pandangan pelanggan pada khususnya atau masyarkat pada umumnya
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh pasien yang menggunakan jasa Rumah Sakit Semen Padang, sedangkan yang menjadi responden adalah sebanyak 158 pasien yang dipilih secara random. Metode analisis yang digunakan untuk membuktikan kebenaran  hipotesis adalah analisis regresi berganda dan pengujian t-statistik yang diolah dengan  bantuan program SPSS versi 22.
Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis pertama (H1) ditemukan bahwa Kualitas pelayanan  berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien dalam menggunakan jasa Rumah Sakit Semen Padang. Pengujian hipotesis kedua (H2) ditemukan bahwa citra perusahaan berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien dalam menggunakan jasa Rumah Sakit Semen Padang sedangkan pengujian hipotesis ketiga (H3) ditemukan bahwa kepercayaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien dalam menggunakan jasa Rumah Sakit Semen Padang.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Kepercayaan dan Kepuasan Pasien

Published

2020-02-27