PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP MINAT BELI IKAN NILA DI PENANGKARAN MATADOR DANAU MANINJAU

Authors

  • Zico Juniarta Mulia
  • Mery Trianita
  • Mery Trianita
  • Wiry Utami
  • Wiry Utami

Abstract


 Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan
lokasi terhadap minat konsumen membeli ikan Nila di Penangkaran Ikan Matador
Maninjau. Persaingan bisnis yang ketat dengan penangkaran ikan yang terletak
saling berdekatan menjadi tantangan yang dihadapi oleh masing masing
penangkaran, sehingga mereka mencoba saling mengadu strategi yaitu dengan
cara berusaha meningkatkan kualitas produk, harga yang menarik serta lokasi
usaha yang strategi dalam rangka mendorong minat beli konsumen.
Teori yang digunakan di adaptasi dari Kotler dan Keller (2012) minat
merupakan hasrat atau keinginan yang muncul di dalam diri konsumen untuk
membeli sebuah produk atau jasa. Minat muncul karena adanya aktifitas
pengamatan pembelajaran terhadap sebuah produk atau jasa. Swasta dan Basu
(2012) kualitas (quality) adalah totalitas fitur dan karakteristik produk atau jasa
yang bergantung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang
dinyatakan atau tersirat. Kotler dan Keller (2012) harga merupakan sejumlah uang
yang dibebankan atas suatu produk atau jasa atau jumlah dari nilai yang ditukar
konsumen atas manfaat-manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau
jasa tersebut serta teori lokasi yang diadopsi dari Kotler dan Amstrong (2008)
lokasi (location), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang
dihasilkan atau dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh konsumen yang
mengetahui dan berminat membeli produk Ikan Nila di Penangkaran Ikan
Matador Maninjau sedangkan yang menjadi sampel digunakan sebanyak 80 orang
responden yang dipilih secara acak. Metode analisis yang digunakan untuk
membuktikan kebenaran hipotesis adalah regresi linear berganda yang diolah
dengan menggunakan bantuan SPSS versi 20.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama (H1) ditemukan kualitas
produk berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen pada Ikan Nila di
Penangkaran Ikan Matador Maninjau. Hipotesis kedua (H2) ditemukan harga tidak
berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Ikan Nila di Penangkaran Ikan
Matador Maninjau sedangkan hipotesis ketiga (H3) ditemukan lokasi berpengaruh
positif terhadap minat beli konsumen pada Ikan Nila di Penangkaran Ikan
Matador Maninjau.

Kata Kunci: Minat Beli, Kualitas Produk, Harga & Lokasi
 

Published

2020-02-27