PENGARUH KEPERCAYAAN PADA MEREK DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS MEREK PADA KONSUMEN MIE INSTAN MEREK INDOMIE DI KOTA PADANG

Authors

  • Debi Sinta Martalova
  • Surya Dharma
  • Lindawati Lindawati

Abstract

Indomie adalah sebuah merek mie instan yang sudah sangat dikenal masyarakat Indonesia. Merek mie instan Indomie sudah cukup terkenal, terbukti dengan adanya persepsi kualitas yang cukup baik di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan pada merek dan kepuasan terhadap loyalitas merek pada konsumen mie instan merek indomie di kota padang. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli dan mengkonsumsi mie instan merek Indomie, berusia diatas 18 tahun, minimal membeli mie instan merek Indomie sebanyak 2 kali dan berdomisili di Kota Padang berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji T-test statistik untuk membuktikan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial atau individu.

            Hasil penelitian ini menemukan bahwa karakteristik merek, karakteristik perusahaan berpengaruh positif terhadap loyalitas merek pada konsumen mie instan merek indomie di kota padang. Sementara karakteristik konsumen-merek tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas merek pada konsumen mie instan merek indomie di kota padang. Sedangkan kepuasan konsumen berpengaruh negatif  terhadap loyalitas merek pada konsumen mie instan merek indomie di kota padang.

Published

2013-09-12