PENGARUH FAKTOR DEMOGRAFIS PADA PEREMPUAN DALAM KELUARGA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBELANJA PRODUK KEBUTUHAN PRIMER

Authors

  • Khairunnisa
  • Dahliana Kamener
  • Lindawati

Keywords:

FAKTOR DEMOGRAFIS, KEPUTUSAN BERBELANJA

Abstract

Saat ini perempuan juga menduduki posisi penting dalam dunia kerja, namun perempuan tidak dapat lari atau melupakan kodratnya sebagai ibu rumah tangga yang memiliki tanggung jawab penuh pada keluarga. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner pada sejumlah ibu rumah tangga yang tersebar di beberapa kecamatan di Kota Padang dan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Sumatera Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perempuan yang telah berkeluarga di Kota Padang. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden, dengan metode penarikan sampel adalah accidental sampling yaitu metode pengambilan sampel yang bersifat accidental atau dapat dilakukan dimana saja [6]. Metode analisa data adalah Structural Model Assesment (SMA) menggunakan Smart PLS. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa tipe keluarga berpengaruh positif terhadap keputusan berbelanja kebutuhan primer pada ibu rumah tangga di Kota Padang. Usia berpengaruh positif terhadap keputusan berbelanja kebutuhan primer pada ibu rumah tangga di Kota Padang. Pendidikan berpengaruh negatif terhadap keputusan berbelanja kebutuhan primer pada ibu rumah tangga di Kota Padang dan pendapatan berpengaruh positif terhadap keputusan berbelanja kebutuhan primer pada ibu rumah tangga di Kota Padang.

References

Sumarwan, U. (2015). Pemasaran Strategik:

Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan

(Revisi). Jakarta: Ghalia Indonesia.

Juyal, S. A., Singh, M. P., Durables, C., &

Orientation, F. R. (2009). Role of Females in

Family Buying Decision-Making A Study Among

Famales in Uttrakhand. The Journal OfBusiness

Perspective, 13(4).

Tjiptono, Fandy & Gregorius, C. (2012). Pemasaran

Strategik (Cetakan 2). Yogyakarta: Bayumedia.

Malik, M. E., Ghafoor, M. M., & Iqbal, H. K. (2012).

Impact of brand Image , service quality and price

on customer satisfaction in Pakistan

telecommunication sector. International Journal of

Business and Social Science, 3(23), 123–130.

Juyal, S. A., Singh, M. P., Durables, C., &

Orientation, F. R. (2009). Role of Females in

Family Buying Decision-Making A Study Among

Famales in Uttrakhand. The Journal OfBusiness

Perspective, 13(4).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kuantitatif dan R & D (VI). Bandung:

Alfabetha.

Sevilla, Consuelo G. et. al (2007). Research

Methods. Rex Printing Company. Quezon City

Published

2020-11-02