PENGARUH CORPORATE SOSIAL RESPONSIBBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG DIMODERASI OLEH UKURAN PERUSAHAAN (Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode 2015-2019)

Authors

  • Luthfi Adryan Universitas Bung Hatta
  • Dandes Rifa Universitas Bung Hatta
  • Nurhuda. N Universitas Bung Hatta

Keywords:

Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah komitmen dari perusahaan dalam dunia bisnis untuk berkontribusi dalam rangka pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab terhadap sosial dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomi sosial dan lingkungan [2]. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan tanggung jawab perusahaan dalam bentuk imbal hasil dari pemanfaatan sumber daya yang ada dengan memberikan sebagian keuntungan perusahaan untuk memenuhi pembangunan yang berkelanjutan. Setiap perusahaan diharuskan memiliki Corporate Social Responsibility (CSR) berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas pasal 1 ayat 3. Pohan (2018) menjelaskan ukuran perusahaan adalah suatu perusahaan yang mana dapat diklasifikasikan berdasarkan besar kecilnya dengan berbagai cara seperti melihat log total aktiva, log total penjualan, kapitalisasi pasar. Menurut (Zubir, 2017) pada dasarnya ukuran perusahaan terbagi menjadi tiga kategori yaitu perusahaan besar (large firm), perusahaan sedang (medium-size) dan perusahaan kecil (small firm).

References

Murnita, Putu Elia Meilinda. 2018. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Leverage sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Udayana. Volume 23. Nomor 02. ISSN: 2302-8556 [2]Junardi. 2019. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Politeknik Tonggak Equator. Indonesia. Volume 04. Nomor 02. e-ISSN 2541-0938

Pohan, Hotman Tohir. 2018. Pengaruh Profitabilitas Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Trisakti. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Trisakti. Volume 05. Nomor 01. ISSN : 2339-0832

Ayem, Sri. 2019. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Jurnal Akuntansi Pajak Dewantara. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Volume 01, Nomor 02. ISSN: 2656-1387

Published

2020-11-02