PENGARUH TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS, PAJAK DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2014-2018)
Keywords:
Tunneling Incentive, Pajak, Transfer PricingAbstract
Dalam lingkup perusahaan multinasional, transfer pricing digunakan untuk meminimalkan pajak yang mereka keluarkan diseluruh dunia dengan cara melakukan pengaturan laba antara perusahaan afiliasi sehingga mengakibatkan pembayaran pajak jadi jauh lebih rendah dari skala global [1]. Pengertian hubungan istimewa diatur di dalam Undang-Undang Pajak Penghasilan. Pasal 18 ayat 4 UU Nomor 36 Tahun 2008, cakupan hubungan istimewa terjadi apabila ada penyertaan kepemilikan secara langsung maupun tak langsung minimal 25% pada Wajib Pajak lainnya [2]. Teori yang digunakan adalah teori keagenan. Teori ini mempelajari kontrak antara pemilik dan agen dalam memprediksi konsekuensi ekonomi. Jika kedua pihak mempunyai tujuan untuk memaksimumkan nilai, maka dapat dipastikan agen akan selalu bertindak untuk kepentingan prinsipal [3]. Akibat timbulnya asimetri informasi dari konflik keagenan manajer selaku agen diberikan wewenang oleh pemegang saham untuk mengelola aktiva dari entitas yang membuat manajer memiliki kesempatan untuk melakukan transaksi transfer pricing [4]. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh tunneling incentive, mekanisme bonus, pajak, dan kepemilikan asing terhadap transfer pricing.References
Hansen dan Mowen. 2012. Akuntansi Manajerial. Edisi 8. Jakarta: Erlangga
Saraswati, Gusti Ayu Rai Surya dan Sujana, I Ketut. 2017. Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, dan Tunneling Incentive Pada Indikasi Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol. 19 No. 2, (1000-1029).
Godfrey, Jayne., Hodgson, Allan., Tarca, Ann., Hamilton, Jane., and Holmes, Scott. 2010. Accounting Theory 7TH Edision. United State of America: John Wiley and Sons.
Fauziah, Nur Fitria dan Saebani, Akhmad. 2018. Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing. Jurnal Akuntansi Vol. 18 No. 1A, (115-128).
Purwanto, Gresia Meriana dan Tumewu, James 2018. Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi Vol. 16. No. 1, (47-56).
Fitri, diah., Hidayat, Nur., dan Arsono, T. 2019. The Effect Of Tax Management, Bonus Mechanism And Foreign Ownership On Transfer Pricing Decision. Jurnal Aplikasi Ekonomi Vol. 1 No. 1, (036-048).