PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BUNG HATTA TERHADAP PENGGUNAAN FINTECH (GO-PAY)

Authors

  • Syindi Dwi Cahyani
  • Yuhelmi
  • Rika Desiyanti

Keywords:

PERSEPSI MAHASISWA, PENGGUNAAN FINTECH (GO-PAY)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi resiko terhadap minat dalam menggunakan sistem pembayaran Go-pay. Kemudian untuk menganalisis pengaruh minat menggunakan terhadap penggunaan sesungguhnya dalam menggunakan sistem pembayaran Go-pay. Adapun yang dijadikan sebagai objek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden, dengan teknik penarikan sample adalah probabilty sampling dan yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Metode analisa data adalah Structural Model Assesment (SMA) menggunakan Smart PLS. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa persepsi manfaat tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan, persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan, persepsi resiko berpengaruh negatif terhadap minat menggunakan dan minat menggunakan berpengaruh positif terhadap actual use (penggunaan sesungguhnya).

References

Andriyano, Yaufi, dan Diana Rahmawati.

“Pengaruh Persepsi Kemudahan ,

Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi

Resiko Dan Kepercayaan Terhadap

Minat Menggunakan Rekening Ponsel (

Studi kasus pada Nasabah Cimb Niaga

Daerah Istimewa Yogyakarta).” Jurnal

Profita 2(1): 1-16.

Lai, PC. (2017). The Literature Review of

Technology Adaption Models And Theories

For the Novelty Technology, JISTEM –

Journal Of Information system and

Technoloy Management, Vol. 14, No. 1, hlm.

-38.

Hapsara, Radityo Febri. 2015. “Pengaruh

Kegunaan, Kemudahan, Resiko dan

Kepercayaan Terhadap Pengggunaan

Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank

Bri Kantor Cabang Solo kartasura)”.

Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas

Ekonomi dan Bisnis Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

Habibi dan Zaky, 2015. “Pengaruh

Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi

Kemudahan, dan Persepsi kenyamanan

Terhadap Minat Penggunaan mobile

Banking Syariah”. Jurnal 2014, Universitas

Brawijaya.

Wibowo, S. F. (2015). Pengaruh Persepsi

Manfaat, Persepsi kemudahan, Fitur

Layanan, dan Kepercayaan Terhadap

Minat Menggunakan E-money Card

(Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline

Di Jakarta). Jurnal Riset Manajemen

Sains Indonesia, 440-456.

Downloads

Published

2020-11-02