PERSEPSI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BUNG HATTA TERHADAP PENGGUNAAN FINTECH (GO-PAY)
Keywords:
PERSEPSI MAHASISWA, PENGGUNAAN FINTECH (GO-PAY)Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan, persepsi resiko terhadap minat dalam menggunakan sistem pembayaran Go-pay. Kemudian untuk menganalisis pengaruh minat menggunakan terhadap penggunaan sesungguhnya dalam menggunakan sistem pembayaran Go-pay. Adapun yang dijadikan sebagai objek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden, dengan teknik penarikan sample adalah probabilty sampling dan yang digunakan adalah Proportionate Stratified Random Sampling. Metode analisa data adalah Structural Model Assesment (SMA) menggunakan Smart PLS. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa persepsi manfaat tidak berpengaruh terhadap minat menggunakan, persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan, persepsi resiko berpengaruh negatif terhadap minat menggunakan dan minat menggunakan berpengaruh positif terhadap actual use (penggunaan sesungguhnya).References
Andriyano, Yaufi, dan Diana Rahmawati.
“Pengaruh Persepsi Kemudahan ,
Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi
Resiko Dan Kepercayaan Terhadap
Minat Menggunakan Rekening Ponsel (
Studi kasus pada Nasabah Cimb Niaga
Daerah Istimewa Yogyakarta).†Jurnal
Profita 2(1): 1-16.
Lai, PC. (2017). The Literature Review of
Technology Adaption Models And Theories
For the Novelty Technology, JISTEM –
Journal Of Information system and
Technoloy Management, Vol. 14, No. 1, hlm.
-38.
Hapsara, Radityo Febri. 2015. “Pengaruh
Kegunaan, Kemudahan, Resiko dan
Kepercayaan Terhadap Pengggunaan
Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank
Bri Kantor Cabang Solo kartasura)â€.
Skripsi. Program Studi Akuntansi Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Habibi dan Zaky, 2015. “Pengaruh
Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi
Kemudahan, dan Persepsi kenyamanan
Terhadap Minat Penggunaan mobile
Banking Syariahâ€. Jurnal 2014, Universitas
Brawijaya.
Wibowo, S. F. (2015). Pengaruh Persepsi
Manfaat, Persepsi kemudahan, Fitur
Layanan, dan Kepercayaan Terhadap
Minat Menggunakan E-money Card
(Studi Pada Pengguna Jasa Commuterline
Di Jakarta). Jurnal Riset Manajemen
Sains Indonesia, 440-456.