PENGARUH HARGA DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PELANGGAN SWALAYAN MELATI DI KOTA PADANG
Keywords:
HARGA, STORE ATMOSPHERE , LOYALITAS,KEPUASANAbstract
Swalayan Melati merupakan salah satu unit usaha retail yang berlokasi di Jalan Sutan Syahrir Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, terletak di lokasi yang strategis, karena berhadapan langsung dengan fasilitas umum dan jalan utama yang dilalui oleh masyarakat. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh pelanggan yang pernah berbelanja di Swalayan Melati. Jumlah Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 101 orang responden. Dari 7 hipotesis ada 2 yang ditolak. Berdasakan hasil pengujian hipotesis maka diajukan saran bagi Bagi pengelola swalayan untuk terus menjaga persepsi pelanggan pada harga, suasana toko yang nyaman dan berusaha selalu menciptakan kepuasan bagi pelanggan dalam berbelanja. Dalam hal ini pengelola toko lebih sering memanjakan dan mengapresiasi pelanggan dengan memberikan potongan harga, menjaga aroma dan suasana toko seperti kerapian, layout dan sebagainya.References
K. L. Keller, Strategic Brand Management
Building, Measuring and Managing Brand
Equity, Fourth Edi. New York: Pearson,
Tjiptono, “Strategi Pemasaran, edisi kedua,†Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi., 2007. .
M. Miswanto and Y. R. Angelia, “the
Influence of Service Quality and Store
Atmosphere on Customer Satisfaction,†J.
Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 19, no. 2,
S. Solimun and A. A. R. Fernandes, “The
mediation effect of customer satisfaction in
the relationship between service quality,
service orientation, and marketing mix
strategy to customer loyalty,†J. Manag. Dev.,
vol. 37, no. 1, pp. 76–87, 2018.
A. Winata and I. A. Fiqri, “Pengaruh Harga
Dan Kualitas Jasa Terhadap Loyalitas
Pelanggan Hotel Emersia Di Bandar
Lampung,†J. Manaj. Magister, vol. 03, no.
, pp. 133–149, 2017.
A. Abdullah and M. Rizan, “Pengaruh Harga
Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas
Pelanggan Pada PT Alakasa Extrusindo,â€
Manajerial, vol. 9, no. 2, p. 51, 2017.
A. Isnandari, “Pengaruh Kualitas Produk,
Store Atmosphere, Dan Harga Terhadap
Kepuasan Konsumen,†J. Adm. Bisnis, vol.
, no. 3, pp. 104–111, 2018.
F. I. S. Listiono and S. Sugiarto, “Pengaruh
Store Atmosphere Terhadap Loyalitas
Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen
Sebagai Variabel Intervening Di Liberia
Eatery Surabaya,†J. Manaj. Pemasar. Petra,
vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2015.
Ratna Sari Nur Indah Safitri, “Analisis
pengaruh store atmosphere , harga, kualitas
pelayanan, dan keragaman produk terhadap
kepuasan konsumen pada cafe & resto,†J.
Ekon. dan Kewirausahaan, vol. 17, no. 2, pp.
–398, 2017.