PENGARUH HARGA DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PELANGGAN SWALAYAN MELATI DI KOTA PADANG

Authors

  • Titania Silvana Tandiono
  • Dahliana Kamener
  • Wiry Utami

Keywords:

HARGA, STORE ATMOSPHERE , LOYALITAS,KEPUASAN

Abstract

Swalayan Melati merupakan salah satu unit usaha retail yang berlokasi di Jalan Sutan Syahrir Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, terletak di lokasi yang strategis, karena berhadapan langsung dengan fasilitas umum dan jalan utama yang dilalui oleh masyarakat. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh pelanggan yang pernah berbelanja di Swalayan Melati. Jumlah Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 101 orang responden. Dari 7 hipotesis ada 2 yang ditolak. Berdasakan hasil pengujian hipotesis maka diajukan saran bagi Bagi pengelola swalayan untuk terus menjaga persepsi pelanggan pada harga, suasana toko yang nyaman dan berusaha selalu menciptakan kepuasan bagi pelanggan dalam berbelanja. Dalam hal ini pengelola toko lebih sering memanjakan dan mengapresiasi pelanggan dengan memberikan potongan harga, menjaga aroma dan suasana toko seperti kerapian, layout dan sebagainya.

References

K. L. Keller, Strategic Brand Management

Building, Measuring and Managing Brand

Equity, Fourth Edi. New York: Pearson,

Tjiptono, “Strategi Pemasaran, edisi kedua,†Edisi Kedua. Yogyakarta: Andi., 2007. .

M. Miswanto and Y. R. Angelia, “the

Influence of Service Quality and Store

Atmosphere on Customer Satisfaction,†J.

Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 19, no. 2,

S. Solimun and A. A. R. Fernandes, “The

mediation effect of customer satisfaction in

the relationship between service quality,

service orientation, and marketing mix

strategy to customer loyalty,†J. Manag. Dev.,

vol. 37, no. 1, pp. 76–87, 2018.

A. Winata and I. A. Fiqri, “Pengaruh Harga

Dan Kualitas Jasa Terhadap Loyalitas

Pelanggan Hotel Emersia Di Bandar

Lampung,†J. Manaj. Magister, vol. 03, no.

, pp. 133–149, 2017.

A. Abdullah and M. Rizan, “Pengaruh Harga

Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas

Pelanggan Pada PT Alakasa Extrusindo,â€

Manajerial, vol. 9, no. 2, p. 51, 2017.

A. Isnandari, “Pengaruh Kualitas Produk,

Store Atmosphere, Dan Harga Terhadap

Kepuasan Konsumen,†J. Adm. Bisnis, vol.

, no. 3, pp. 104–111, 2018.

F. I. S. Listiono and S. Sugiarto, “Pengaruh

Store Atmosphere Terhadap Loyalitas

Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen

Sebagai Variabel Intervening Di Liberia

Eatery Surabaya,†J. Manaj. Pemasar. Petra,

vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2015.

Ratna Sari Nur Indah Safitri, “Analisis

pengaruh store atmosphere , harga, kualitas

pelayanan, dan keragaman produk terhadap

kepuasan konsumen pada cafe & resto,†J.

Ekon. dan Kewirausahaan, vol. 17, no. 2, pp.

–398, 2017.

Downloads

Published

2020-11-02