PENGARUH LOKASI DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PELANGGAN SWALAYAN CAYUBI PAINAN

Authors

  • Dwi Irtiyah RA Saibi
  • Mery Trianita
  • Lindawati Lindawati

Abstract

Berdasakan data jumlah konsumen yang berbelanja di Swalayan Cayubi Painan diketahui bahwa pelanggan yang berbelanja di Swalayan Cayubi mengalami fluktuasi. Hal ini disebabkan oleh karena beberapa pelanggan yang tidak loyal dan hanya datang ke Swalayan Cayubi hanya sekali. Pada bulan Juli - Agustus 2019, konsumen yang berbelanja di Swalayan Cayubi Painan mengalami peningkatan, dan ditemukan adanya penurunan dari bulan sebelumnya. Hal ini menunjukan bahwa pelanggan di Swalayan Cayubi Painan mengalami fluktuasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada Swalayan Cayubi Painan. Selanjutnya, untuk menganalisis pengaruh lokasi terhadap loyalitas pelanggan pada Swalayan Cayubi Painan. Selanjutnya, untuk menganalisis pengaruh store atmosphere terhadap kepuasan pelanggan pada Swalayan Cayubi Painan. Selanjutnya, untuk menganalisis pengaruh store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan pada Swalayan Cayubi Painan. Kemudian, untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Swalayan Cayubi Painan. Kemudian, untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan sebagai pemediasi antara lokasi terhadap loyalitas pelanggan pada Swalayan Cayubi Painan, dan untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan sebagai pemediasi antara store atmosphere terhadap loyalitas pelanggan pada Swalayan Cayubi Painan. Penelitian ini menggunakan teori lokasi, store atmosphere, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Lokasi merupakan kegiatan perusahaan yang membuat produk tersedia bagi pelanggan sasaran. Menurut (Kusumawati., et al, 2014) store atmosphere bisa menjadi alasan lebih bagi konsumen untuk tertarik dan memilih dimana ia akan berkunjung dan membeli. Menurut Kotler dan Keller (2016) mengemukakan bahwa kepuasan (satisfaction) adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk atau hasil terhadap ekspektasi mereka.Menurut (Tjiptono,80:2012) Loyalitas adalah komitmen pelanggan bertahan secara mendalam untuk berlanganan kembali atau melakukan pembelian ulang produk/jasa secara konsisten dimasa yang akan datang.

References

Ibojo dan Odunlami (2015). Impact of Customer Satisfaction on Customer Loyalty: A Case Study of a Reputable Bank in Oyo, Oyo State, Nigeria. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR) Volume 3, Issue 2.

Kusumawati, A., Putri, H. L., &Kumadji, S. (2014). Pengaruh storeatmosphere terhadap keputusanpembelian dan kepuasan pelanggan(studi pada monopoli cafe dan restosoekarno hatta malang). JurnalAministrasi Bisnis (JAB). 15(2): 1-9.

Listiono dan Sugiarto (2018).Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen SebagaiVariabel Intervening Di Libreria EaterySurabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1 No. 1.

Utami, Christina Whidya. 2014. Manajemen Ritel. Strategi dan ImplementasiRitel Modern. Edisi ke-2. Jakarta : Salemba Empat.

Wirawan, dkk (2019).Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan MelaluiKepuasan Pelanggan Sebagai Intervening Variabel. Jurnal organisasi dan manajemenissue 1.

Downloads

Published

2020-11-02