PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN, PROFITABILITAS, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. (Studi Kasus Pada Subsektor Otomotif dan Komponen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018)

Authors

  • Ari Kurnia Sandy Universitas Bung Hatta
  • Listiana Sri Mulatsih Universitas Bung Hatta
  • Tyara Dwi Putri

Abstract

Salah satu tujuan utama perusahaan adalah meningkatkan nilai perusahaan [1]. Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan terkait harga saham [2]. Memaksimalkan nilai perusahaan sama dengan memaksimalkan nilai sekarang dari arus kas atau arus pendapatan yang diharapan dan telah diterima oleh investor pada masa yang akan datang [1]. Investor akan menilai perusahaan yang baik adalah perusahaan yang memiliki sumber daya yang melimpah. Indonesia masih menjadi tujuan utama investasi otomotif. Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menjelaskan industri otomotif menjadi salah satu industri andalan pada kebijakan industri nasional yang juga memberikan nilai besar dalam produk domestik bruto. Indonesia juga mendapati bonus demografi mencapai 70% yang mana akan menjadi keuntungan bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang industri otomotif karena akan mendapatkan biaya produksi yang lebih murah sehingga produk yang akan dijual baik di domestik maupun internasional memiliki keunggulan kompetitif. Hal lain juga diikuti dengan tingginya minat masyarakat Indonesia akan kendaraan, berdasarkan data yang dilansir Asosiasi kendaraan bermotor di Indonesia (GAIKINDO), penjualan mobil Indonesia naik 4,5% pada tahun 2016 dan tumbuh 1,6% pada tahun 2017 Tujuan dari peneltian ini untuk menganalisis pengaruh kebijakan dividen, profitabilitas, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan. (studi kasus pada Subsektor Otomotif dan Komponennya yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 20152018).”

References

Sudana, I Made. 2011, Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.

Sujoko dan soebiantoro. 2007. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur dan Non Manufaktur di Bursa Efex Jakarta. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol 9: Hal 41-48.

Lijan, Poltak Sinambela. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mentari Indasari Pakekong dkk. 2019. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Kebijakan Dividen dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2016. Vol. 7, No. 1.

Moniaga, Fernandes. (2013). Struktur Modal, Profitabilitas, dan Struktur Biaya Terhadap Nilai Perusahaan Industrik Kemarik, Percelen, dan Kaca Periode 2007-2011. Jurnal EMBA. Vol. 1, No. 4, Hal. 433-442.

Syardiana, dkk. (2015). Pengaruh Invesment Opportunity Set, Struktur Modal, Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, dan Return On Asset Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas. Vol. 8, No. 1, Hal. 39-46.

Downloads

Published

2020-11-02