PENGARUH AGENCY COST, KINERJA LINGKUNGAN DAN INTELLECTUAL CAPITAL DISCLOSURE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR NON KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2017

Authors

  • Ronny Hermansyah Universitas Bung Hatta
  • Dwi Fitri Puspa Universitas Bung Hatta
  • Novia Rahmawati Universitas Bung Hatta

Keywords:

nilai perusahaan, agency cost, kinerja lingkungan, intellectual capital disclosure

Abstract

Nilai perusahaan dapat dilihat dengan cara membandingkan harga saham dengan nilai buku per lembar saham atau PBV (Price Book Value). Semakin tinggi nilai rasio PBV maka akan semakin tinggi penilaian investor terhadap perusahaan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan antara lain agency cost, kinerja lingkungan, dan intellectual capital disclosure. Penelitian ini mengambil contoh perusahaan sektor non keuangan karena perusahaan yang bergerak pada sektor non keuangan merupakan perusahaan yang paling banyak memberikan kontribusi terbesar terhadap PDB (Product Domestic Bruto). Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2017. Dan metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan yaitu, pertama agency cost berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan sektor non keuangan di Bursa Efek Indonesia. Kedua, kinerja lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sektor non keuangan di Bursa Efek Indonesia. Ketiga, intellectual capital disclosure tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sektor non keuangan di Bursa Efek Indonesia.

References

Harmono. 2011. Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis. Edisi 1. Jakarta:Bumi Aksara.

Tryfino. 2009. Cara Cerdas Berinvestasi Saham. Edisi 1. Transmedia Pustaka. Jakarta.

P. Widana,, dan Ratnadi, Ni Made Dwi. 2007. Pengaruh Kebijakan Dividend dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Kos Keagenan, Jurnal Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana.

Haryanti. 2012. Pengaruh Agency Cost Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Dan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan. Vol 20, No 24 Tahun 2012.

Published

2020-11-02