PENGARUH INTELECTUAL CAPITAL, ACCOUNTING INFORMATION SYSTEM DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia)

Authors

  • Bayu Diahya Syafriko Universitas Bung Hatta
  • Zaitul Universitas Bung Hatta
  • Mukhlizul Hamdi Universitas Bung Hatta

Keywords:

Intelectual capital, sistem informasi akuntansi, ukuran perusahaan, Corporate social responsibility, kinerja perusahaan

Abstract

Hingga akhir tahun 2019 yang lalu total jumlah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia berjumlah 576 perusahaan yang tersebar pada sembilan sektor usaha. Jika diamati dari jumlah perusahaan pada masing masing sektor, Manufaktur memiliki jumlah perusahaan terbanyak dibandingkan sektor lain. Dalam beberapa tahun terakhir pertumbuhan laba perusahaan di sektor manufaktur di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2014 sampai dengan 2019 yang lalu terus terkoreksi. Penurunan tersebut terlihat dari semakin rendahnya persentase pertumbuhan return on assets yang mampu dihasilkan perusahaan manufaktur. Jika fenomena penurunan pertumbuhan laba terus dibiarkan maka kinerja perusahaan akan terus mengalami penurunan, sehingga akan merusak reputasi dan mengganggu psikologis investor yang berinvestasi didalam perusahaan. Oleh sebab itu sangat penting bagi peneliti untuk mencoba mencari solusi dalam kembali meningkatkan kinerja perusahaan sektor manufaktur di Bursa Efek Indonesia dengan mempengaruhi perubahan kinerja perusahaan tersebut. Pada penelitian ini yang menjadi sampel adalah beberapa perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, Intelectual capital, dan sistem informasi akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia sedangkan sistem informasi akuntansi dan Corporate social responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia.

References

A. Sartono, Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Edisi IV. Yogyakarta: BPFE, 2012.

S. a Ross, Westerfield, and Jaffe, Corporate Finance, 9th Ed. Irwin: McGraw-Hill, 2012.

Z. Handry and R. Y. Muslim, “Pengaruh Keberadaan Wanita Dalam Dewan Komisaris, Dewan Direksi dan Komite Audit Terhadap Kualitas Laba,” Proseding Simp. J. Magister, vol. 2, no. 3, pp. 32–36, 2019.

R. Asroni, E. Nur, and A. Yuyetta, “Analisis Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Dan Karakteristik Direktur Utama Terhadap Tindakan Pajak Agresif Di Indonesia,” Diponegoro J. Account., vol. 8, no. 2, pp. 1–10, 2019.

F. Fathussalmi, Y. D. Darmayanti, and P. F. Fauziati, “Pengaruh Investment Opportunity Set dan Corporate Governance Terhadap Kualitas Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI tahun 2011-2015),” Reviu Akunt. dan Bisnis Indones., vol. 3, no. 2, pp. 124–138, 2019.

Published

2020-11-02