PENGARUH ROI, EPS DAN DER TERHADAP HARGA SAHAM DENGAN PERCEIVED RISK SAHAM SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Perusahaan Sub Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)

Authors

  • Weli Sarnela Universitas Bung Hatta
  • Rika Desiyanti Universitas Bung Hatta
  • Yuhelmi Universitas Bung Hatta

Abstract

Saat ini perkembangan industri property dan real estate begitu pesat dan semakin besar peluang di masa yang akan datang. Hal ini disebabkan oleh semakin meningkatnya jumlah penduduk sedangkan supply tanah bersifat tetap dan semakin menjadikan perusahaan property dan real estate sebagai indikator utama bagi kemajuan ekonomi bangsa sehingga dapat menjadi salah satu alternatif utama bagi investor untuk menanamkan modalnya di pasar modal. Harga saham yang turun akan memberikan dampak pada image perusahaan di mata investor dimana investor memandang perusahaan yang harga saham turun dipandang jelek oleh investor sehingga investor tidak tertarik berinvestasi pada perusahaan tersebut. Jika dilihat dari prospek perusahaan properti tersebut seharusnya jika perkembangan perusahaan properti sangat pesat artinya secara otomatis juga harga saham perusahaan naik, namun sebaliknya dua tahun terakhir harga saham perusahaan ini mengalami penurunan.

References

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan dan Teori Aplikasi. Edisi-4. Yogyakarta BPFF.

Faila, I., Djawoto. 2017. Pengaruh ROI, ROE, TATO dan PER terhadap Harga Saham pada Perusahaan Telekomunikasi. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol.6 No.9. September 2017.

Sekaran. 2013. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Lestari. 2019. Pengaruh debt to equity ratio, earning per share dan return on investment terhadap harga saham. Riset Manajemen. Volume 2 Nomor 1. Maret 2019

Tambun, Sinar. 2013. Teknik Pengolahan Data dan Interpretasi hasil penelitian dengan menggunakan Program SPSS untuk Variabel Moderating. Workshop Metode Penelitian Kuantitatif.

Downloads

Published

2020-11-02