FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIANKONSUMEN MINANG MART DI KOTA PADANG

Authors

  • Ridho Pernandes
  • Zeshasina Rosha
  • Lindawati

Keywords:

KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam melakukan keputusan pembelian di Minang Mart Kota Padang. Populasi dalam penenlitian ini adalah konsumen yang pernah berbelanja di Minang Mart Kota Padang dengan jumlah sampel sebanyak 138 responden. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Terdapat 17 item yang digunakan dalam penelitian ini yaitu macam variasi barang, kualitas barang yang dibeli, memiliki barang yang lengkap, ketersediaan barang, harga bersaing dengan minimarket lain, harga terjangkau, lokasi minimarket yang dekat rumah. Mudah transportasinya, memiliki tempat parkir, promosi dari pemerintah, mengetahui dari media masa, tahu dari salah satu keluarga, sikap karyawan sopan dan ramah, pelayanan cepat, karyawan mau menangani setiap keluhan konsumen, tersedia papan keterangan jenis barang, dan memiliki toilet. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis faktor.Hasil dari penelitian uji analisis faktor diketahui bahwa keputusan pembelian konsumen Minang Mart dipengaruhi oleh 6 faktor yaitu: harga, transportasi, kesopanan dan keramahan karyawan, fasilitas, kecepatan karyawan dan area parkir yang menjadi factor pertimbangan bagi konsumen untuk berbelanja ke Minang Mart di Kota Padang.

References

Https://langgam.id/penjelasan-gubernur-sumbar-

soal-gerai-minang-mart-yang-banyak-ditutup/.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2008.

Prinsip-Prinsip Pemasaran (12th ed.). Jakarta:

Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin. Lane. 2009.

Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta:

Erlangga.

Hariyadi, Guruh Taufan. 2016. Faktor-Faktor

Yang Mempengaruhi Konsumen Berbelanja Di

Minimarket (Studi pada Indomaret dan Alfamart

di Semarang). Jurnal Penelitian Ekonomi dan

Bisnis. Vol 1, No. 1.

Downloads

Published

2020-11-02