PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, NARSISISME DAN STRES KERJA TERHADAP PERILAKU KERJA KONTRAPRODUKTIF Pada ASN Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Khatib Sulaiman Kota Padang Tahun 2019

Authors

  • Rexsi Nazora Universitas Bung Hatta
  • Surya Dharma Universitas Bung Hatta
  • Elfitra Azliyanti

Abstract

Dalam beraktifitas di lingkungan pekerjaan perilaku kerja kontraproduktif sering kali terjadi. Perilaku tersebut dapat disadari atau tidak disadari oleh individu yang melakukannya. Perilaku kerja kontraproduktif mendorong menurunnya citra pegawai yang melakukannya. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk membuktkan dan menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, narsisme dan stres kerja terhadap perilaku kerja kontraproduktif pada pegawai Dinas Sosial Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di Jalan Khatib Sulaiman Padang Dalam kelembagaan yang berjumlah 100 orang pada tahun 2019. Pegawai merupakan penggerak dari sebuah organisasi yang memiliki keinganan, kebutuhan dan harapan terhadap sebuah kelembagaan atau organisasi, harapan dan keinginan inilah yang disebut motivasi, jika harapan dan keinginan ini tidak dapat tercapai maka akan berpengaruh dan menyebabkan organisasi menjadi stagnan, karena hal ini menyebabkan semangat kerja pegawai menjadi menurun serta kepuasan pegawai terhadap pekerjaan berkurang [1].

References

Ghozali, Imam. 2016. Dasar Dasar Statistik dan Implikasi SMAR PLS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hendriani, S., Wasnuri, R., & Asmoro, J. H. 2013. Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Sosial Kota Dumai.

Jurnal Ekonomi, Vol 21, No. 1. Dumai.

Downloads

Published

2020-11-02