PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN TOKO SEPATU VANIA DI SIMPANG EMPAT PASAMAN BARAT

Authors

  • Tri Virdha Yolandha.
  • Irda
  • Lindawati

Keywords:

KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN KUALITAS PRODUK , KEPUASAN KONSUMEN

Abstract

Sepatu menjadi produk yang sangat digemari di kalangan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, setiap perusahaan sepatu bersaing menciptakan produk yang bermutu dan menarik konsumen. Disamping itu, banyaknya produk sepatu impor yang terus memasuki pasar dalam negeri menyebabkan persaingan yang semakin kompetitif. Sepatu merupakan bagian penting dari dunia fashion dan telah mengalami peralihan fungsi dari hanya sebatas alas kaki menjadi elemen yang dapat melengkapi penampilan seseorang. Selain itu sepatu dapat meningkatkan kepercayaan diri dan prestige dari pemakainya. Hal tersebut membuat industri sepatu di Indonesia semakin berkembang. Salah satu industri sepatu yang memanfaatkan peluang tersebut yaitu toko sepatu Vania. Toko sepatu vania adalah usaha sepatu yang telah berdiri pada tahun 1995. Toko sepatu vania merupakan sebuah toko sepatu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen Toko Sepatu Vania di Kecamatan Simpang Empat, Kabupten Pasaman Barat. Sesuai dengan perhitungan proses pencarian rumus Cohcran diperoleh ukuran sampel sebesar 96.40 atau digenapkan menjadi 100 responden. Berdasarkan Tabel 1. Sesuai dengan hasil pengujian hipotesis pertama dengan menggunakan variabel kualitas pelayanan diperoleh nilai sig sebesar 0,536. Proses pengolahan data dilakukan dengan menggunakan tingkat kepercayaan 0.05. Hasil yang diperoleh menunjukan nilai sig 0.536 jauh berada diatas tingkat kepercayaan 0.05. Maka keputusannya adalah Ho diterima dan H1 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh signfikan terhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja di Toko Sepatu Vania. Pada tahapan pengujian hipotesis kedua dengan menggunakan variabel harga diperoleh nilai sig sebesar 0.000. Tahapan pengujian statistik dilakukan dengan menggunakan tingkat kepercayaan sebesar 0.05. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa nilai sig 0.000 jauh berada dibawah tingkat kepercayaan 0.05. Maka keputusannya adalah Ho ditolak dan H diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja di Toko Sepatu Vania.

References

Lubis dan Andayani 2017. Pengaruh Kualitas

Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan

Pelanggan Pt. Sucofindo Batam. Journal of Business

Administration Vol 1, No 2, September 2017

. Kuntari,Bela Dwi, dkk.(2016). Pengaruh Kualitas

Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen.Jurnal

Administrasi Bisnis (JAB):Vol 36.

. Fatchur, Rachman. 2014. Pengaruh Kualitas

Layanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap

Kepuasan Pelanggan Auto 2000 Sungkono

Surabaya. Jurnal Ilmu& Riset Manajemen Vol. 3

No. 11 (2014). Hal 1-15.

. Liman, Piter. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas

Produk, Kualitas Layanan, Dan Persepsi Harga

Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Minyak

Goreng Kemasan CV. INDO SARI ABADI. Vol

No 6. Juli 2016

Published

2020-11-02