PENGARUH HARGA DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN L’LAKI BARBERSHOP DI KOTA PADANG DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Authors

  • Adek Pertiwi Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta
  • Dahliana Kamener Universitas Bung Hatta

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu bagian terpenting dari perekenomian Indonesia. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peran penting dalam perekenomian Ada tiga jenis usaha yang bisa dilakukan oleh UKM untuk menghasilkan laba yaitu usaha manufaktur, usaha dagang dan usaha jasa. Persaingan kompetitif terjadi saat dua atau lebih perusahaan bersaing satu dengan yang lainya dalam mengejar posisi pasar yang menguntungkan Rahayu, 2015 [1]. Ada beberapa hal yang membedakan barbershop dengan tempat pangkas rambut biasa. Barbershop tidak hanya menyediakan jasa potong rambut saja, namun juga menyediakan jasa pijat refleksi, cuci rambut (creambath), treatment, dan hair color. Untuk daerah di Indonesia khususnya di kota Padang, barbershop merupakan fenomena baru yang menjadi tren dikalangan pria khususnya kawula muda dalam beberapa tahun belakangan ini. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh harga dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening.

References

Yudiatma, Farizky dan Triastity, Rahayu. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Arfa Barbershop di Surakarta. Jurnal Manajemen vol. 15, no. 3, pp. 346–353, 2015.

Tjiptono, “Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan & Kepuasan,” Young Consum., 2017, doi: 10.1108/YC-05-2017-00697.

I. Firdiyansyah, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Gubrak Kepri Mall Kota Batam,”p.

Vol. 1 No. 1 November 2017, 2017.

R. Lupiyoadi, “Manajemen Pemasaran Jasa (9th ed.),” Salemba Empat, Jakarta, 2001.

Downloads

Published

2020-11-02