PENGARUH BEBAN KERJA DAN STRES KERJA TERHADAP KELELAHAN KERJA PADA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PT.SORAYA BERJAYA KOTA PADANG

Authors

  • Recky Victor Wefa Universitas Bung Hatta
  • Ice Kamela Universitas Bung Hatta
  • Elfitra Azliyanti Universitas Bung Hatta

Abstract

Setiap perusahaan sangat ingin sebuah aktifvitas perusahaannya dapat bertahan dalam jangka panjang. Peran tenaga kerja hingga saat ini merupakan hal utama dalam proses aktivitas perusahaan tersebut, oleh karena itu perusahaan selalu memperhatikan kinerja yang mereka miliki, beberapa cara dilakukan perusahaan agar kelangsungan aktivitas pada perusahaanya berjalan sesuai dengan yang telah di targetkan oleh perusahaan itu sendiri Menjalankan kegiatan produksi dan meningkatkan kualitas dankuantitas produksi di perlukan perhatian khusus terhadap tenaga kerja agar tidak terjadinya pemicu kecelakaan kerja seperti kelelahan kerja. faktor penyebab kelelahan kerja di suatu perusahaan sangat bervariasi. Misalanya kebisisngan, iklim kerja yang panas, dan pencahayaan yang buruk, kurangnya dukungan terhadap lingkungan kerja juga berdampak kepada kinerja individu[1]. Beban kerja dapat menentukan lama seorang tenaga kerja melakasanakan aktivitas pekerjaan apabila beban kerja seseorang tidak sesuai dengan kapasitas kerja maka bisa menimbulkan kelelahan kerja[2]. Hal tersebut diakibatkan karena pada saat bekerja makin tinggi maka otot bekerja terlalu lama untuk mengatasi beban kerja yang di terima, setiap pekerjaan akan meneriama beban dari luar tubuhnya.

References

Jurnal

Agustinawati, K., R., dkk. 2019. Hubungan antara beban kerja dengan kelelahan kerja pada pengerajin industri bokor di desa menyali. Jurnal medika udayana, VOL. 9, Non. 9, 2019.

Atiqoh, J., Wahyuni, I., Lestantyo, D., 2014. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kelelahan kerja pada pekerja konveksi bagian penjahit di CV. Aneka Gunungpati Semarang. Jurnal kesehatan masyarakat, Vol. 2, No. 2, 2014: 119-126.

Juliana, M., Camelia. A., dan Rahmiwati. A., 2018. Analisis faktor risiko kelelaha kerja pada karyawan bagia produksi PT.

Arwana anugrah keramik. Jurnal ilmu kesehatan masyarakat, Vol. 9, No. 1, 2018:56-63. [3]

Buku

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2020-11-02