PENGARUH STORE ATMOSPHERE, KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS : COFFEE SHOP TEKAPE COFFEE AND EATERY

Authors

  • Puja Setiawan Universitas Bung Hatta
  • Ice Kamela Universitas Bung Hatta
  • Purbo Jadmiko Universitas Bung Hatta

Abstract

Sejarah kopi di Indonesia dimulai pada tahun 1696 ketika Belanda membawa kopi dari Malabar, India ke Jawa. Mereka membudidayakan tanaman kopi tersebut di Kedawung, sebuah perkebunan yang terletak dekat batavia. Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea Canephora) dan Kopi Arabika (Coffea Arabica). Padang adalah kota budaya dan kota pelajar, dimana banyak orang yang tinggal di kota ini untuk mencari ilmu. Banyaknya orang di Padang ini membuat pelaku bisnis di bidang coffee shop ini bertambah. Coffee shop yang ada ini pun beragam jenisnya, Coffee shop biasa disebut warung kopi atau kedai kopi. Coffee shop bisa diartikan sebuah cafe kecil atau restoran kecil yang biasanya menjual kopi dan terkadang minuman nonalkohol, makanan sederhana. Baru baru ini kota Padang semakin marak coffee shop baru yang berdiri dan tersebar di Padang. Coffee shop yang tersebar di Padang ini berbagai macam. Akan tetapi tidak semua coffee shop ramai dikunjungi oleh pengunjung. Ada banyak hal yang mempengaruhi konsumen untuk membeli kopi disebuah coffee shop, sepertinkenyamanan toko, harga, kualitas produk, promosi, kualitas pelayanan dan lain-lain. Banyak coffee shop yang memiliki keunikan dan ciri khas yang berbedabeda.

References

Ernidan Wiyadi. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Pemediasi. daya Saing Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya Vol. 18, No. 2, Desember 201

Florencia dan Sugiono. 2015. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Di Libreria Eatery Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1 No. 1

Hairr JR Joseph F, William C Black, Barry J, Babin dan Rolph E, Anderson. 2010. Multivariate Data Analysis. McGraw-Hill, Irwin

Heryati. 2015. Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere, Private Brand terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Hypermart Puri Jakarta. Jurnal

Komunikologi Volume 12 Nomor 1

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian manajemen. Bandung: Refika aditama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-11-02