PENGARUH DESAIN PRODUK DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP MINAT BELI (Studi Kasus Pada Smartphone Realme di HDShop Kota Padang)

Authors

  • Cindy Erdian Putri Universitas Bung Hatta
  • Linda Wati Universitas Bung Hatta
  • Dahliana Kamener Universitas Bung Hatta

Abstract

Minat dapat digunakan untuk memprediksi perilaku; sebagai hasilnya, minat beli konsumen digunakan untuk memprediksi perilaku pembelian dalam praktik [1]. Penelitian yang dilakukan [2] menyatakan bahwa minat beli adalah tahap kecenderungan responden untuk bertindak sebelum keputusan membeli benar-benar dilaksanakan. Minat beli berbeda dengan niat beli, niat beli adalah suatu tindak lanjut dari minat beli konsumen dimana keyakinan untuk memutuskan akan membeli sudah dalam persentase yang besar [3]. Selain itu [4] mengusulkan desain produk sebagai strategi kreatif untuk membantu perusahaan memperoleh keunggulan kompetitif di pasar. Dalam hal ini, desain produk adalah faktor kunci keberhasilan di pasar yang tidak hanya dapat menarik perhatian konsumen, tetapi juga dapat berkomunikasi dengan konsumen dengan jelas untuk mempromosikan nilai produk. Faktor lainnya yang mempengaruhi minat beli seorang konsumen adalah daya tarik iklan. Suatu pesan iklan dikatakan berhasil jika proses pengiriman berhubungan dengan proses penerima, untuk itu komunikator harus merancang pesan agar menarik perhatian sasarannya. Selain itu, penelitian yang dilakukan [5] mengemukakan bahwa kepercayaan yang terbentuk merupakan hasil dan proses evaluasi terhadap informasi yang diterima. Dimana pesan iklan yang disajikan disertai dengan adanya pembuktian nyata akan manfaat dan kualitas produk, sehingga dapat menimbulkan keyakinan.

References

S. A. Juyal, M. P. Singh, C. Durables, and F. R. Orientation, “Role of Females in Family Buying DecisionMaking A Study Among Famales in Uttrakhand,” J. Ofbus. Perspect., vol. 13, no. 4, 2009.

D. R. Acharya, J. S. Bell, P. Simkhada, E. R. Van Teijlingen, and P. R. Regmi, “Women’s autonomy in household decision-making: A demographic study in Nepal,” Reprod. Health, vol. 7, no. 1, pp. 1–12, 2010.

K. Henry, M. Adiwijaya, and H. Subagio, “Pengaruh Perceived Risk Terhadap Purchase Intention Dengan Mediasi Perceived Value dan Customer Attitude Pada Pelanggan Online Shopping Melalui Media Sosial Facebook di Surabaya,” Petra Bus. Manag. Rev., vol. 3, no. 2, pp. 62–83, 2017.

R. Griffin and G. Moorhead, Organizational Behavior: Managing People and Organizations. USA: South-Western Collage Pub, 2017.

F. & A. Ansyah, “Pengaruh Persepsi Risiko dan Kepercayaan pada Vendor terhadap Minat Beli yang Dimediasi oleh Sikap Konsumen Toko Online Lazada di Kota Padang,” J. Kaji. Manaj. dan Wirausaha, vol. 01, pp. 46–58, 2019.

A. Triwidyastika, “Studi Tentang Pengaruh Persepsi Manfaat dan Persepsi Risiko Terhadap Sikap Pada Belanja Online dan Implikasinya Terhadap Minat Belanja Online di D’Shetwo Boutique,” J. Sains Pemasar. Indones., vol. XI, no. 1, 2012.

C. Suharto, A. Tumbel, and I. Trang, “Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Daya Tarik Iklan Terhadap MInat Beli Konsumen pada PT. Remaja Jaya Mobilindo Manado,” J. EMBA, vol. 4, no. 3, pp. 209–221, 2016.

U. Qolbi, “Pengaruh Iklan Terhadap Sikap Konsumen (Survei Pada Pengunjung yang Pernah Bermain Game Pro Evolution Soccer di Flux Capital of Entertainment Kecamatan Blimbing Kota Malang),” J. Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, vol. 10, no. 1, p. 82223, 2014.

A. N. Mufreni, “Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau

Serbuk Tocha),” J. Ekon. Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 48–54, 2016.

Downloads

Published

2020-11-02