PENGARUH KEPRIBADIAN, KEADILAN DAN KOMITMEN AFEKTIF TERHADAP PERILAKU BALAS DENDAM DALAM ORGANISASI PADA KARYAWAN BAGIAN MARKETING PT ANDALAS BERLIAN MOTOR CABANG PADANG

Authors

  • Hengki Mardian Universitas Bung Hatta
  • Ice Kamela
  • Elfitra Azliyanti Universitas Bung Hatta

Abstract

Salah satu kota yang menjadi wilayah operasional Mitshubisi adalah Padang denga distributor utama PT Andalas Berlian Motor Dalam rancangan kerja PT Andalas Berlaian Cabang Padang setiap sales diberikan target kerja 4 unit kendaraan otomotif merek Mitshubishi. Bagi karyawan target 4 unit kendaraan tentu menjadi tantangan dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Tingginya target penjualan yang diberikan kepada masing-masing tenaga sales menciptakan kesulitan untuk meraih target yang di bebankan perusahaan, akibatnya banyak sales melakukan berbagai kecurangan agar dapat merealisasikan target penjualan yang diberikan kepada mereka Setiap sales yang dimiliki oleh PT Andalas Berlian Motor Cabang Padang memiliki target penjualan lima sampai dengan 6 unit kendaraan per orangnya. Jika diamati dari data tidak satu pun sales yang bisa mencapai target yang diberikan oleh distributor, dimana jika dilihat dari pencapaian per sales, setiap sales hanya mampu menjual satu sampai dua unit kendaraan merek Mitshubishi. Tidak tercapatnya target yang dibebankan atasan disebabkan adanya perilaku balas dendan dalam bekerja [1]

References

R. T. Mowday and R. I. Sutton, Organizational Behavior : Organizational Contexts, 13th ed. Irwin: McGraw-Hill, 2017.

D. P. Skarlicki, R. Folger, and P. Tesluk, “Personality as a moderator in the relationship between fairness and retaliation,” Acad. Manag. J., vol. 42, no. 1, pp. 100–108, 1999.

J. Townsend, J. S. Phillips, and T. J. Elkins, “Employee retaliation: the neglected consequence of poor leader-member exchange relations.,” J. Occup. Health Psychol., vol. 5, no. 4, pp. 457–463, 2000.

D. P. Skarlicki and R. Folger, “Retaliation in the workplace: The roles of distributive, procedural, and interactional justice,” J. Appl. Psychol., vol. 82, no. 3, pp. 434–443, 1997.

Downloads

Published

2020-11-02