PENGARUH KESADARAN MEREK, ASOSIASI MEREK, PERSEPSI KUALITAS, DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK LAPTOP LENOVO (STUDI KASUS MASYARAKAT KOTA PADANG)

Authors

  • Muhammad Alwan
  • Zeshasina Rosha
  • Mery Trianita

Keywords:

KESADARAN MEREK, ASOSIASI MEREK, PERSEPSI KUALITAS, LOYALITAS MEREK ,EKUITAS MEREK

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek secara parsial terhadap ekuitas merek Laptop Lenovo. Teori dalam penelitian ini adalah ekuitas. Populasi dalam penenlitian ini adalah konsumen yang menggunakan laptop Lenovo di Kota Padang dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. purposive sampling yaitu sampel dipilih dengan pertimbangan tertentu (Sugiyono, 2011) [4]. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan daftar pernyataan dalam bentuk kuesioner (angket). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis Structural Model Assesment (SMA). Secara umum kegunaan SMA adalah untuk melakukan pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan Smart PLS. Hasil penelitian menemukan bahwa kesadaran merek dan asosiasi merek secara parsial tidak berpengaruh terhadap ekuitas merek Laptop Lenovo. Sedangkan persepsi kualitas dan loyalitas merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek Laptop Lenovo.

References

KESADARAN MEREK, ASOSIASI MEREK, PERSEPSI KUALITAS,

LOYALITAS MEREK ,EKUITAS MEREK

Published

2020-11-02