PENGARUH KEPUASAN SEBAGAI PEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA CITRA PERUSAHAAN DAN NILAI NASABAH TERHADAP LOYALITAS (Pada Nasabah BRI Unit Surian)

Authors

  • Rahmatul Fauzan Universitas Bung Hatta
  • Ice Kamela Universitas Bung Hatta
  • Lindawati Lindawati Universitas Bung Hatta

Abstract

Menurut Griffin (2005), Secara teoritis, loyalitas pelanggan merupakan ukuran yang dapat diandalkan untukmemprediksi pertumbuhan penjualan dan perilaku pembelian yang konsisten. Menurut Kotler (2007 dalam Wiguno,(2014:14)mendefinisikanbahwakepuasankonsumenmerupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan intervening antara citra perusahaan dan nilai nasabah dengan loyalitas nasabah. Jadi setelah beberapa pemaparan definisi para ahli di atas dapat dikatakan bahwa variabel citra perusahaan dan nilai nasabah, dapat mempengaruhi kepuasan dan loyalitas nasabah bank BRI. Selanjutnya dilihat secara empiris, beberapa penelitian terdahulu telah membuktikan bahwa loyalitas nasabah di pengaruhi oleh citra perusahaan dan nilai nasabah serta kepuasan sebagai variabel mediasi atau intervening. Berdasarkan uraian sebelumnya maka dapat diketahui bahwa loyalitas nasabah dipengaruhi oleh kepuasan nasabah,citra perusahaan dan nilai nasabah .namun disisi lain citra perusahaan dan nilai nasabah merupakan faktor penentu kepuasan nasabah .dengan demikian jelaslah bahwa variabel kepuasan nasabah adalah sebagai variabel lain konsumen akan setia untuk melakuka pembelian ulang secara terus-menerus. Faktor lain untuk menciptakan kepuasan konsumen salah satunya adalah citra perusahaan. Citra perusahaan Menurut Setiadi dalam Sondakh (2014), citra terhadap suatu merek menjadi dasar pelanggan untuk melakukan pembelian, di sisi lain Harga juga mempunyai peluang untuk mencapai kepuasan dan menciptakan loyalitas pelanggan. Menurut Oliver dalam Malik et al. (2012), pelanggan merasa penentuan harga yang sesuai dengan kualitas akan memberikan rasa kepuasan.

References

Griffin 2005. Manajemen pemasaran

Kotler and Keller 2009. Manajemen pemasaran

Malik, Muhammad Ehsan, Ghafoor, Muhammad Mudasar, dan Igbal, Hafz Kashif. 2012.Impact of Brand Image, Service Quality and Price on Customer Satisfaction in Pakistan Telecommunication Sector. International Journal of Business and Social Science, Vol 3No. 23.

Sondakh, Conny. 2014. Kualitas Layanan, Citra Merek dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi pada Nasabah Taplus BNI CabangManado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Vol 3 No. 1. Fakultas Ekonomi dan BisnisUniversitas Sam Ratulangi.

Sugiyono (2011:87) rumus slovin

Downloads

Published

2020-11-02