PENGARUH BRAND EXPERIENCE, BRAND SATISFACTION DAN BRAND LOVE TERHADAP BRAND LOYALITY PADA PELANGGAN DETERGEN RINSO DI KOTA PADANG

Authors

  • Alfath Ridho
  • Zeshasina Rosha
  • Irda

Keywords:

BRAND EXPERIENCE, BRAND SATISFACTION , BRAND LOVE ,BRAND LOYALITY

Abstract

Tingginya persaingan hampir terjadi pada setiap merek produk, khususnya persaingan dalam memilih merek deterjen. Pada saat ini begitu banyak merek deterjen yang muncul dipasar konsumen. Jika mengacu pada fakta dimasa lalu masyarakat sangat mengenal Rinso sebagai merek deterjen pembersih dan menjadi maskot bagi merek deterjen pembersih lainnya, akan tetapi kondisi tersebut berubah dalam beberapa waktu terakhir. Kemunculan sejumlah merek pesaing dianggap mampu menggeser posisi Rinso sebagai pemimpin pasar dan maskot untuk merek produk deterjen pilihan ibu Indonesia.Mulai goyahnya posisi Rinso sebagai deterjen pembersih dapat diamati dari terjadinya penurunan penjualan produk tersebut dalam beberapa waktu terakhir. Terjadinya penurunan penjualan terlihat dari kinerja sejumlah distributor. Salah satu distributor deterjen pembersih Rinso adalah PT AWS. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh konsumen yang menggunakan deterjen merek Rinso yang berdomisili di Kota Padang. Mengingat jumlah populasi tidak diketahui secara pasti maka peneliti menentukan ukuran sampel berdasarkan pendapat para ahli Menurut [5] menyatakan bahwa ukuran sampel yang tepat untuk sebuah penelitian multivariate berada diantara 30 sampai dengan 500 observasi. Berdasarkan uraian pernyataan tersebut peneliti memutuskan menggunakan sebanyak 100 orang responden. Brand experience dan brand berpengaruh positif terhadap brand loyality yang dirasakan konsumen di Kota Padang dalam menggunakan deterjen merek Rinso. Sedangkan Brand love tidak berpengaruh terhadap brand loyality yang dirasakan konsumen di Kota Padang dalam menggunakan deterjen merek Rinso

References

BRAND EXPERIENCE, BRAND SATISFACTION , BRAND LOVE

,BRAND LOYALITY

Downloads

Published

2020-11-02