PENGARUH LOKASI DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI RM BUNGO LADO DI KOTA PADANG

Authors

  • Agrivina Claudia Sianturi Universitas Bung Hatta
  • Mery Trianita Universitas Bung Hatta
  • Irda Irda Universitas Bung Hatta

Abstract

Peningkatan jumlah rumah makan di Kota Padang membuat tingkat persaingan bisnis rumah makan semakin tinggi, dan hal tersebut tentu akan membuat konsumen menjadi semakin selektif lagi dalam memilih rumah makan yang ingin dikunjunginya. Untuk memperkuat fenomena dalam penelitian ini dilengkapi dengan data survei awal untuk mengukur loyalias pelanggan terhadap 30 orang responden. Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa semua item pernyataan memiiki persentase ya tertinggi. Maka dari itu saya ingin meneliti mengenai loyalitas dan seberapa loyalkah pelanggan untuk tetap mengunjungi RM Bungo Lado dan variabel yang manakah paling berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, apakah variabel lokasi atau promosi ataupun kedua variabel tersebut sama-sama berpengaruh kuat terhadap loyalitas pelanggan . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada RM Bungo Lado. Selanjutnya, untuk menganalisis pengaruh lokasi terhadap loyalitas pelanggan pada RM Bungo Lado. Selanjutnya, untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan pada RM Bungo Lado. Selanjutnya, untuk menganalisis pengaruh promosi terhadap loyalitas pelanggan pada RM Bungo Lado. Kemudian, untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada RM Bungo Lado. Kemudian, untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi antara lokasi terhadap loyalitas pelanggan pada RM Bungo Lado, dan untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi antara promosi terhadap loyalitas pelanggan pada RM Bungo Lado. Penelitian ini menggunakan teori lokasi, promosi , kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. Lokasi adalah tempat berlangsungnya suatu usaha. Lokasi fasilitas seringkali menentukan kesuksesan suatu jasa, karena lokasi erat kaitannya dengan pasar potensial suatu perusahaan [1]. Promosi adalah serangkaian anggapan dan kesan-kesan penyampaian yang dilakukan oleh perusahaan [2]. Kepuasan (satisfaction) adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk atau hasil terhadap ekspektasi mereka [3]. Loyalitas pelanggan adalah komitmen pelanggan terhadap suatu merek, toko, atau pemasok berdasarkan sifat yang sangat positif dalam pembelian jangka panjang [4].

References

Jurnal

Wirawan, dkk (2019).Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan MelaluiKepuasan Pelanggan Sebagai Intervening Variabel. Jurnal organisasi dan manajemenissue 1.

Buku

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2009).Manajemen Pemasaran.Edisi 13.Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Kotler, P. dan Keller, K.L. (20016).Marketing Management, Global Edition. doi: 10.1080/08911760903022556.

Tjiptono, Fandy (2004). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi

Tjiptono (2000). Komitmen pelanggan loyal terhadap suatu merek.Jakarta:Andi

Published

2020-11-02