PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI PEMEDIASI ANTARA VARIABEL KEPERCAYAAN DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA CAFE INDIYA KULINER JL. AHMAD YANI , TALUK KUANTAN

Authors

  • Rike Novelia Universitas Bung Hatta
  • Ice kamela Universitas Bung Hatta
  • Reni Yuliviona Universitas Bung Hatta

Abstract

Loyalitas adalah “komitmen yang dipegang secara mendalam untuk membeli atau mendukung kembali tempat maupun produk yang disukai di masa depan meski pengaruh situasi dan usaha pemasaran berpotensi menyebabkan konsumen beralih (Kotler & Keller, 2009)[1]. Dalam era globalisasi seperti saat ini, sudah merambah ke semua sektor, sektor industri khususnya di bidang kuliner sudah menjadi salah satu bisnis yang memiliki persaingan di era modern. Pertumbuhan yang pesat pada bisnis kuliner penyajian makanan dan minuman (food service) saat sekarang ini memang sudah kita rasakan (Tjahjaningsih, 2016)[1], begitu juga di Kota Taluk Kuantan Berdasarkan data penjualan yang didapatkan peneliti dapat disimpulkan bahwa keadaan penjualan pada cafe tersebut berfluktuasi cenderung meningkat. Selain itu peneliti juga melakukan survey awal untuk melihat tingkat loyalitas pelanggan, dari hasil survey awal tergambar bahwa loyalitas pelangan masih dalam keadaan tidak loyal. Dengan demikian itulah yang menjadi fenomena dalam penelitian saya. Tujuan Penelitian 1. Untuk menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan pada pelanggan Cafe Indiya Kuliner. 2. Untuk menganalisis pengaruh Promosi terhadap kepuasan pada pelanggan Cafe Indiya Kuliner. 3. Untuk menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas pada pelanggan Cafe Indiya Kuliner. 4. Untuk menganalisis pengaruh Promosi terhadap loyalitas pada pelanggan Cafe Indiya Kuliner. 5. Untuk menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pada pelanggan Cafe Indiya Kuliner. 6. Untuk menganalisis pengaruh kepuasan sebagai pemediasi antara kepercayaan dengan loyalitas pada pelanggan Cafe Indiya Kuliner. 7. Untuk menganalisis pengaruh kepuasan sebagai pemediasi antara promosi dengan loyalitas pada pelanggan Cafe Indiya Kuliner

References

Jurnal

Tjahjaningsih, E. (2016). Pengaruh Citra dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Media Ekonomi dan Manajemen, 28(2

Buku

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009b). Marketing Management. In Organization (Vol. 22).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. 2014. Structural Equation Modeling: Metode Alternatif dengan Partial LeasSquare (PLS) Edisi 4. Diponegoro dan Hengky Latan. 2015. Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0

Downloads

Published

2020-11-02