PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN THE TJOEKOER PREMIUM BARBERSHOP DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Pelanggan The Tjoekoer Premium Barbershop di Kota Padang)

Authors

  • Abdul Hamid
  • Reni Yuliviona
  • Mery Trianita

Keywords:

KUALITAS PELAYANAN ,HARGA, LOYALITAS PELANGGAN, KEPUASAN PELANGGAN

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu bagian terpenting dari perekonomian Indonesia. Ada tiga jenis usaha yang bisa dilakukan UKM untuk menghasilkan laba yaitu usaha manufaktur, usaha dagang dan usaha jasa, salah satu jenis UKM yang bergerak dibidang usaha jasa adalah barbershop (Yudiatma F dan Triastity R, 2015). Jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 94 responden. Teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner penelitian kepada pelanggan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Measurement Model Assessment (MMA) dan Structural Model Assessment (SMA) menggunakan Smart PLS. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan dapat diberikan kesimpulan yaitu dalam penelitian ini dari 7 hipotesis terdapat 4 hipotesis yang ditolak. Saran untuk pengelola barbershop ini adalah agar ebih meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan dan lebih meningkatkan lagi tampilan yang ada pada barbershop. Selain itu bagi peneliti dimasa mendatang diharapkan mengembangkan variabel-variabel yang diteliti, karena tidak menutup kemungkinan dengan penelitian yang mencakup lebih banyak variabel akan dapat menghasilkan kesimpulan yang baik.

References

KUALITAS PELAYANAN ,HARGA, LOYALITAS PELANGGAN, KEPUASAN PELANGGAN

Downloads

Published

2020-11-02